Kasus Pembobolan Dana BNI 46 Ambon, AMT Mesti Diperiksa

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – AMT teman dekat FY harus diperiksa dalam kasus pembobolan BNI 1946 Cabang Ambon.
Dalam kasus ini ada juga AMT yang disebut sebagai teman dekat FY yang diduga ikut merasakan aliran dana dari FY. Dimana dana tersebut diduga merupakan hasil kejahatan. Penyidik juga harus memeriksa AMT dalam kasus ini karena diduga ikut mendapatkan atau merasakan aliran dana tersebut, ” kata Arifin Notanubun salah satu pemerhati hukum di Kota Ambon kepada media, Selasa (22/10/2019)

Pasca ditetapkan FY selaku tersangka dalam kasus Bank BNI 46 Cabang Ambon, perlahan tapi pasti mulai terkuak, dan menyeret orang dalam bank milik pemerintah tersebut.

Hal ini terlihat dengan ditemukannya bukti oleh penyidik bahwa kerugian bank BNI 46 cabang Ambon juga berasal dari pagu kas BNI 46 Cabang Masohi, kas BNI 46 Cabang Tual dan kas BNI 46 Cabang Dobo.

Terkait hal tersebut Arifin Notanubun salah satu pemerhati hukum di Kota Ambon kepada media ini Selasa (22/10/2019) mengungkapkan, sudah mulai terlihat, FY dalam menjalankan aksinya tidak sendirian, akan tetapi ada beberapa kepala cabang BNI 46 seperti cabang Masohi, cabang Tual dan cabang Aru yang ikut membantu.

“Indikasi ini terlihat dari adanya pagu kas pada 3 cabang BNI 46 yakni Masohi, Tual dan Aru yang ikut ludes. Untuk dana sebesar itu pada kantor cabang, maka otoritas pencairan dana ada pada kepala cabang,” jelasnya.

Bertolak dari hal tersebut lanjutnya, maka diduga ketiga kepala cabang ini juga diduga ikut terlibat. Lantaran mereka inilah yang memiliki kuasa memerintahkan teller untuk melakukan transaksi. Bahkan ketiga kepala cabang ini juga diduga ikut mendapatkan keuntungan dari transaksi illegal tersebut.

“Memang ketiga kepala cabang ini telah diperiksa penyidik, namun diberikan kesempatan untuk pulang. Padahal dari sisi hukum peran ketiganya sangat penting dalam pendekatan turut serta membantu atau melakukan tindak pidana, ” urainya.

Untuk itu Notanubun berharap penyidik Polda Maluku kembali melakukan pemeriksaan kepada ketiga kepala cabang tersebut terkait peran mereka. Dan menetapkan ketiganya selaku tersangka lantaran diduga turut serta membantu atau melakukan suatu tindak pidana. (On)

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60