Komisi III akan Lakukan Pengawasan di Kabupaten dan Kota

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Komisi III akan melakukan pengawasan di 6 Kabupaten dan Kota yaitu Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Ambon.

Demikian dikemukakan Ketua Komisi III DPRD Maluku, Richard Rahakbauw kepada wartawan usai rapat bersama mitra yakni Dinas PUPR Provinsi Maluku diruangan Komisi III DPRD Maluku, karang panjang-Ambon, Jumat (04/06/23021).

“Tentunya sebelum lakukan pengawasan kita memanggil mitra untuk rapat di Komisi III berkaitan dengan agenda pengawasan yang kita sampaikan dan jadwal kegiatan pengawasan ke kabupaten dan kota dan telah kami jelaskan kepada mitra untuk disesuaikan,” katanya.

Pihaknya berharap kepada mitra agar ketika turun ke lapangan harus ada data tentang program kegiatan yang didanai APBD maupun APBN tahun anggaran 2021.

“Juga harus didampingi orang atau pejabat yang mengetahui pasti tentang proyek yang dimaksud. Agar ketika kita turun di lapangan kita bisa langsung mengecek dan melihat bagaimana perkembangan program yang dikerjakan oleh mitra,” tegasnya.

Rahakbauw menjelaskan, setelah pengawasan di enam kabupaten dan kota selesai dilakukan, pihaknya akan menggelar rapat evaluasi bersama mitra untuk menyampaikan saran dan pertimbangan.

“Saran dan pertimbangan yang kami sampaikan berkaitan dengan pengawasan dan jika ada temuan di lapangan maka mitra diminta memperbaiki temuan tersebut sehingga apa yang menjadi harapan di kabupaten kota tersebut dapat terlayani,” jelasnya.

Selanjutnya Rahakbauw mengingatkan setiap persoalan di lapangan harus kembali dibicarakan karena namanya kemitraan harus memberi kontribusi dari fungsi masing-masing.

“Sebab pemerintah daerah dan DPRD merupakan unsur penyelenggara pemerintah di daerah karena itu harus saling memberikan dukungan terhadap fungsi masing-masing agar penyelenggara kebutuhan pembangunan di Maluku berjalan sesuai harapan,” terangnya. (Eln)

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60