39 Orang Terjaring Operasi Yustisi Satgas Covid-19 Kota Ambon

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – 39 orang warga Kota Ambon terjaring Operasi Yustisi Satgas Covid-19 Kota Ambon, karena tidak mmenggunakan masker.

Hal itu disampaikan Koordinator fasilitas umum, Richard Luhukay kepada wartawan di Balai Kota, Rabu ( 20/01/2021)

Operasi yustisi yang dilakukan Tim Satgas Covid-19 digelar pada dua titik berbeda yakni di depan Kantor Telkom -Talake dan depan Ambon Plaza (Amplaz).

Di lokasi pertama yakni depan Kantor Telkom Ambon, terjaring 25 warga dan langsung dilakukan rappid tes di tempat, setelah sebelumnya dilaksanakan hanya dalam bentuk persuasif.
“Yang berlokasi di seputaran Kantor Telkom kita dapati 25 pelanggar dari jumlah tersebut ada tiga orang yang reaktif. Sesuai SOP yang berlaku, ketiga orang yang reaktif, kami bawa ke Dinas Kesehatan Kota Ambon untuk ditangani lebih lanjut dengan tes swab,” jelasnya.

Sementara itu di lokasi kedua yakni di seputaran Amplaz terdapat 14 warga yang terjaring. Dari jumlah itu ada satu warga yang reaktif.
“Di Amplaz dan sekitarnya kita dapati 14 pelanggar dengan satu orang reaktif,” katanya.

Langkah tersebut kata Luhukay, tak hanya dilakukan pada lokasi Ambon Plaza saja namun akan disasar di beberapa tempat atau lokasi yang banyak pengunjungnya seperti MCM, dan ACC.
“Hal ini akan kita lakukan terus menerus, selain di Amplaz ada beberapa lokasi keramaian juga akan kita tindaklanjuti,” ungkapnya.

Kepatuhan terhadap protokol kesehatan kata Luhukay, diukur dari banyaknya pelanggaran sehingga diharapkan warga Kota Ambon mematuhi setiap aturan atau prokes yang dikeluarkan pemerintah.
“Kami berharap di lokasi keramaian tu tidak ada yang terjaring atau didapati pelanggaran,” harapnya (Fal)

 

Skori Zonasi Kota Ambon Turun

AMBON, MG.com – Dari evaluasi Satgas Covid-19 Pusat menunjukkan skor penyebaran virus corona di Kota Ambon mengalami penurunan sebanyak 0,22 point per tanggal 17 Januari 2021.

Hal itu disampaikan Jubir Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz.kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu ( 20/01/2021)

Menurut Joy, skor zonasi Kota Ambon kembali turun setelah sebelumnya per tanggal 10 Januari lalu berada pada angka 2,09.

“Saat ini skor Kota Ambon berada pada angka 1,87 tapi masih dalam zona resiko sedang atau zona orange,” jelasnya.

Joy menjelaskan, Kota Ambon masih zona orange lantaran meningkatnya angka kematian. Data terakhir yang diterima Satgas Covid-19 Kota Ambon, dua hari terakhir, yang meninggal di Kota Ambon mencapai angka 52 orang dengan latar belakang terpapar.
“Hal ini disebabkan beberapa kasus kematian yang terjadi belakangan ini dan bahkan sampai dengan hari juga ada satu kasus ditambah kasus kemarin total dua kasus per dua hari,” katanya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, operasi yustisi tetap berjalan dengan tujuan mengedukasi warga serta memberi efek jerah kepada warga yang belum menjalankan prokes dengan baik dan benar.
“Tidak pernah berhenti untuk melakukam pencegahan terkait penularan Covid-19 lewat operasi yustisi yang kita lakukan, baik itu di jalan raya Kota Ambon, maupun saat kita masuk pada fasilitas-fasilitas umum masyarakat. Termasuk ke mall,” ungkapnya

Dirinya meminta agar masyarakat selalu menjalankan prokes dan patuhi 4M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Joy juga berharap agar masyarakat segera memeriksakan diri ke dokter sebelum nanti terlambat penanganan, yang berimplikasi pada kematian dengan status terpapar. (Fal)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60