Hadapi Bencana Alam, Kodim 1506/Namlea Siap Bantu Pemda

  • Whatsapp
banner 468x60

NAMLEA, MG.com – Kodim 1506/Namlea menggelar Pembukaan Gladi Posko 1 Kodim 1506 Namlea bertempat di ruang Transit Makodim 1506/Namlea, jln. Nametek, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru-Maluku, Rabu (26/06/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri, Dandim 1506/Namlea, Letkol Syarifudin Azis, S.Ag, M.I.Pol,
Kasiter Rem 151/Bny, Mayor Inf Yoyok Wahyudi, Kasiops Rem 151/Bny Mayor Inf Teguh Wahyudi, Pasilog Rem 151/Bny, Mayor Arm Wawan, Pasi dan seluruh perwira Staf Kodim/Namlea, prajurit Staf Kodim 1506/Namlea.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Hartono, S.Ip menjelaskan bahwa tema yang diusung dalam latihan gladi Posko 1 Kodim 1506/Namlea kali ini adalah Kodin 1506/Namlea Melaksanakan Bantuan Kepada Pemerintah Daerah di Wilayahnya Dalam Rangka Menanggulangi Terjadinya Bencana Alam.

“Diharapkan Kodim 1506/Namlea setelah menggelar latihan ini dapat melaksanakan perbantuan kepada Pemda dengan memaksimalkan dan mengurangi kerugian-kerugian yg tidak diinginkan apabila terjadi bencana alam,” harap Hartono.

Selain itu, Hartono berharap dalam menghadapi tuntutan tugas kedepan para prajurit pada semua tingkatan harus mampu secara proaktif merealisasikan tugas pokoknya secara tepat dilapangan sesuai dengan job description.

Menurut Hartono, salah satu cara meningkatkan kualitas prajurit adalah melalui latihan.
“Dan pada kesempatan kali ini yang dilatih adalah proses pengambilan keputusan taktis menghadapi dinamika operasi yg sedang dihadapi melalui metode latihan Posko 1,” tegasnya.

Kegiatan Latihan Posko 1 Kodim 1506/Namlea akan dilaksanakan selama tiga hari terhitung tanggal 26 Juni hingga 28 Juni 2019

“Momen ini sangat penting dalam rangka peningkatan pengetahuan dan kemampuan Komandan serta staf Kodim 1506/Namlea dalam menyiapkan satuan guna mendukung tugas Korem 151/Binaiya Khususnya dalam mengatasi bencana alam,” kata Hartono lagi.

Diingatkan pula bahwa, dengan terjalinnya mekanisme kerja antara Komandan dan staf Kodim diharapkan mampu merespon permasalahan yang terjadi pada lingkup tugas Kodim 1506/Namlea.
Selain itu juga giat ini ditujukan pula sebagai aplikasi penerapan doktrin dan protap secara baik dan benar.

Dikatakan pula, harus dipahami bahwa, kegiatan latihan Posko 1 merupakan metode latihan taktis dengan memberikan serangkaian kejadian dan situasi taktis secara sambung menyambung kepada pelaku.
“Setiap keadaan dan kejadian mengandung persoalan yang harus dipecahkan dan meminta keputusan, rencana, perintah dan tindakan dari pelaku yang bertindak sebagai Komandan dan Staf dari markas komando yang dilatih,” tegasnya.

Juga tambah Hartono, latihan ini harus dilaksanakan dengan serius sehingga unsur pimpinan dan staf benar-benar menguasai tugas dan fungsinya masing-masing. (An)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60