Polisi Kawal Ketat Distribusi Logistik Pemilu Bursel

NAMROLE, MG.com – Distribusi logistik Pemilu oleh KPU Buru Selatan Provinsi Maluku ke tiga kecamatan dikawal ketat aparat kepolisian, Senin (15/04/2019).

Pengawalan ketat mulai dilakukan sejak di Pelabuhan Namrole, diserahkan Ketua KPU Bursel Syahrif Mahulauw, kepada awak Kapal Landen Harapan XX, disaksikan Sekda Bursel A.M Laitupa, Wakapolres Pulau Buru Kompol Bahcri Hehanussa, Ketua dan anggota Bawaslu Bursel, anggota KPU Provinsi Maluku, Abdul Khalil Tianotak, anggota KPU Bursel, serta puluhan personil Polres Pulau Buru yang ditugaskan mengamankan logistik tersebut hingga di lokasi.

Ketua KPU Bursel Syarif Mahulauw berharap, proses distribusi awal logistik Pemilu untuk tiga kecamatan yakni Kecamatan Leksula, Kecamatan Fena Fafan dan Kecamatan Kapala Madan berjalan lancar dari awal hingga pelaksanaannya.

“Pendistribusian awal logistik ke tiga kecamatan ini, kami berharap semoga tidak ada hambatan dan halangan sampai logistik ini tiba pada titik-titik persinggahan terakhir di Kota Biloro dan selanjutnya dapat didistribusikan ke TPS-TPS yang ada di tiga kecamatan tepat waktu,” harap Mahulauw.

Mahulauw berterima kasih atas support Pemda Bursel, Polres Buru serta seluruh pihak yang menginginkan Pemilu serentak 17 April ini berjalan dengan baik.

“Kami KPU Bursel berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mengawal proses ini. Hari ini hanya tiga kecamatan dan akan dilanjutkan besok dengan 3 kecamatan sisa yaitu kecamatan Ambalau, kecamatan Waesama dan Kecamatan Namrole,” ujar Mahulauw.

Sementara itu, Sekda Bursel A M Laitupa yang mewakili Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulissa mengatakan, Pemkab Buru Selatan mendukung pelaksanaan Pemilu dan berkeinginan kuat agar pemilu dapat berjalan dengan baik.

“Terima kasih kepada semua yang hadir dalam rangka melepas logistik Pemilu ke tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Bursel dan Pemda Bursel berharap, KPU dan Bawaslu serta pihak keamanan mengawal proses ini sehingga berjalan dengan baik dan lancar serta tidak ada hambatan dalam proses penyelenggaraan Pilkada ini,” kata Laitupa.

Pantauan media ini, puluhan anggota polisi dari Polres Pulau Buru sebelum berangkat mengawal kotak suara mendapat arahan singkat dari Wakapolres Buru Bahcri Hehanussa.

Dalam arahannya, Hehanussa berharap aparat kepolisian menjaga keamanan logistik yang dikawal.

Untuk diketahui, jumlah kotak suara yang didistribusikan ke Kecamatan Leksula sebanyak 250 kotak suara untuk 19 desa dengan total 50 TPS dan titik evakuasi pada Desa Leksula 130 kota suara, Desa Tifu 75 kota suara dan Desa Waemulang 45 kotak suara.

Di Kecamatan Fena Fafan 80 kotak suara untuk 10 desa dengan total 16 TPS dan titik evakusia pada Desa Tifu.

Sedangkan untuk Kecamatan Kepala Madan 210 kotak suara untuk 15 desa dengan total 42 TPS dan titik evakuasi di Desa Biloro 120 kotak suara, Desa Waepandan 70 kota suara dan Desa Waemulang 20 kotak suara.

Sedangkan Kecamatan Namrole yang akan didistribusikan, Selasa (16/04) sebanyak 345 kotak suara untuk 17 desa dengan 69 TPS, Kecamatan Ambalau 175 kotak suara untuk 7 desa denga total 35 TPS, dan Kecamatan Waesama 255 kotak surat suara untuk 11 desa dengan total 51 TPS. (Nar)

Tinggalkan Balasan