Sirimau Pemasok Calon Jamaah Haji Terbesar

AMBON, MG.com – Kecamatan Sirimau masih mendominasi jumlah calon jamaah haji untuk keberangkatan tahun 2019. Demikian pengakuan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Rusydi Latuconsina kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (19/02/2019).
Sayangnya, jumlah calon Jamaah Haji asal Kecamatan Sirimau belum bisa dipastikan sebab masih dalam pendataan
“Jika telah selesai baru bisa dipastikan,namyn setiap tahun, calon Jamaah Haji Kota Ambon asal Kecamatan Sirimau terbanyak dibandingkan empat kecamatan lainnya,” kata Latuconsina

Latuconsina menjelaskan, kuota haji tahun 2019 untuk Kota Ambon 368 jemaah haji. “Saat ini Kemenag Kota Ambon telah lakukan persiapan untuk musim haji tahun ini, yakni proses pembuatan paspor jamaah di Imigrasi kelas I Ambon dan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan tahap pertama,” jelasnya.

Untuk pemeriksaan kesehatan calon Jamaah Haji, Kantor Kemenag Kota Ambon bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Ambon.
Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan di tiga Puskesmas yang ditunjuk.
“Tahun ini kami belum tahu Puskesmas mana saja, tapi pastinya Puskesmas di Kecamatan Sirimau, Nusaniwe dan Baguala,” jelasnya.

Latuconsina menjelaskan, sejak beberapa tahun lalu, pemeriksaan kesehatan calon Jamaah Haji dilakukan di Puskesmas Rijali untuk Kecamatan Sirimau, Puskesmas Passo untuk calon Jamaah Haji di Baguala dan Puskesmas Waihaong untuk Kecamatan Nusaniwe.
“Kita berharap proses ini diikuti oleh seluruh calon jamaah,” katanya berharap.

Pihaknya menghimbau seluruh calon Jamaah Haji Kota Ambon untuk segera melaporkan diri bagi yang belum melaporkan diri di Kementerian Agama Kota Ambon.
“Kami menghimbau srluruh calon Jamaah Haji Kota Ambon segera melaporkan diri dan mengikuti seluruh proses yang dilaksanakan, sebab sebagian besar calon Jamaah haji belum lakukan ini,” imbuhnya.

Latuconsina juga meminta agar calon jamaah yang telah mendaftar sejak tahun 2012/2013 bulan Maret segera mendaftar karena kemungkinan masuk dalam daftar calon jamaah yang akan berangkat tahun ini.
“Untuk itu kami harapkan informasi ini disikapi calon jamaah ataupun keluarganya,” harapnya lagi. (On)

Tinggalkan Balasan