Menkeu Resmikan Dermaga TNI AL – Tawiri

AMBON, MG.com – Pembangunan Dermaga TNI AL yang bertempat di Negeri Tawiri Kecamatan Teluk Kota Ambon, akhirnya diresmikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati didampingi Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono, Rabu (08/01/2019), setelah 2 tahun pembangunan dilaksanakan.

Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, guna memperkuat seluruh perekonomian dan membuktikan kehadiran negara pada daerah dimaksud maka infrastruktur dasar harus dibangun dan dilengkapi.
Komitmen Presiden Widodo untuk membangun dari pinggiran, pelosok dan daerah yang selama ini tertinggal sangatlah tinggi.

Mulyani mengakui pihaknya telah mengakomodasikan berbagai instrumen
untuk menangkap kebutuhan Negara pada berbagai bagian, agar dapat membangun secara bersama dan berkeadilan.
“Salah satunya melalui dana transfer daerah yang akan nampak dari sisi formula, tidak hanya berdasarkan jumlah penduduk melainkan luas wilayah bukan hanya darat tetapi laut juga,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku, Ismail Usemahu dalam laporannya mengatakan, masalah konektifitas dan aksebilitas adalah hambatan terbesar namun semuanya terjawab dengan pembangunan yang didukung sumber dana Surat Berharga Syariaah Nasional (SBSN) serta komitmen Satker Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Maluku.
“Proyek ini dilaksanakan oleh PT. Brantas Abip Raya, dengan nilai Rp121 miliar lebih dengan konsultan PT. Yodya Karya dan PT. Resario,” lapornya.

Pembangunan dermaga tambahnya, terdiri dari trester darat 20 Meter, panjang dermaga 250 meter, lebar 12 meter serta dilengkapi dengan sarana dan prasarana lainnya.
“Tujuan pembangunan dermaga ini adalah sebagai lokasi pengisian bahan bakar, obat-obatan, bahan makanan, perlengkapan kesehatan bagi ABK-RI,  perbaikan serta peralatan kapal saat terjadi kerusakan, juga reflesing ABK,” jelasnya. (On)

Tinggalkan Balasan