HUT PPI ke 29, Syarat Makna dan Manfaat

PPI Maluku Gelar Donor Darah
AMBON, MG.com – Purna Paskibraka Indonesia (PPI) saat ini telah berusia 29 tahun. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan HUT kali ini disekenggarakan dengan penuh kesederhanaan namun syarat makna dan manfaat.
Demikian dikemukakan Ketua Umum PPI, Gousta Feriza dalam sambutan tertulisnya pada saat peringatan HUT PPI ke 29.di Ambon, Jumat (21/12/2018).
“Hari Ulang Tahun ke-29 Purna Paskibraka Indonesia Tahun 2018 yang diselenggarakan seluruh element Purna Paskibraka Indonesia di seluruh Indonesia dengan penuh kesederhanaan dan keragaman namun sarat akan makna dan manfaat,” katanya.
Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Aksi Bakti Kemanusiaan dalam bentuk Donor Darah serentak di 34 Provinsi dan kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.
“Aksi ini dilakukan untuk menjaga nilai-nilai dan semangat yang terkandung dalam tubuh seorang Purna Paskibraka Indonesia, antara lain sikap saling mencintai, sifat dermawan, tanpa pamrih (ikhlas), mengutamakan kepentingan bersama dan menghargai realitas keragaman (pluralisme),” jelasnya.
Pada kesempatan tersebut, Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia mengajak seluruh anggota Purna Paskibraka Indonesia, menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setingi-tingginya kepada seluruh komponen Purna Paskibraka Indonesia dan Palang Merah Indonesia atas partisipasi dan kerjasama yang baik sehingga Donor Darah Serentak dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
Sementara itu, Ketua Bidang Sosial, Budaya, Wirausaha dan Koperasi PPI Maluku, Fikri Latuconsina kepada wartawan menjelaskan, aksi donor darah merupakan puncak kegiatan peringatan HUT PPI ke 29, sebelumnya telah dilaksanakan rangkaian kegiatan diantaranya bersih pantai di semenanjung Nusaniwe Kota Ambon.
Khusus untuk kegiatan puncak yakni donor darah dilakukan di Sekretariat PMI yang bertempat di Kelurahan Kudamati Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.
Pada aksi tersebut, PPI Maluku menyerahkan 17 kantong darah ke PMI Maluku.
Minimnya peserta donor darah lantaran anggota TNI- Polri beberapa waktu lalu baru menggelar aksi yang sama.
Latuconsina menjelaskan, aksi donor darah yang digelar PPI Maluku saat ini merupakan aksi yang kedua. Aksi pertama kali dilakukan pada tahun 2017 dengan jumlah peserta donor sekitar 50 orang.
“Kegiatan donor darah merupakan agenda tahunan dan diharapkan bisa berkesinambungan sesuai dengan program kerja pengurus provinsi dan kedepannya diharapkan PPI tidak hanya merangkul TNI dan Polri tapi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Maluku dan Kota Ambon,” harapnya.
Menurut Latuconsina, aksi ini merupakan bentuk kepedulian PPI terhadap masyarakat yang membutuhkan darah karena saat ini masyarakat sering diperhadapkan dengan kedulitan mencari pendonor darah jika membutuhkannya.
“Dua tahun terakhir ini kami masih bekerjasama dengan TNI Polri serta keanggotaan PPI namun diharapkan PPI Maluku bisa merangkul masyarakat luas,” harapnya. (DD).

Tinggalkan Balasan