Unpatti – BTKLPP Ambon Teken Nota Kesepahaman

  • Whatsapp
banner 468x60

Ambon,MG.com – Universitas Pattimura dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Ambon melakukan Kerjasama dalam rangka mendukung penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sesuai dengan fungsi dan kewenangan masing-masing. Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan oleh Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum dan Kepala Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Ambon, Budi Santoso SKM.,MPH, bertempat di Ruang Kerja Rektor Lantai 3 Gedung Rektorat, Kamis, 25 Mei 2023.

Pada Kesempatan yang sama juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prof. Dr. I. H. Wenno, S.Pd., M.Pd dengan Kepala BTKLPP Ambon, Budi Santoso SKM.,MPH dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Implementation Arrangement antara Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Dr. Napsin Palisoa, M.Pd dengan Kepala BTKLPP Ambon.

Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani bertujuan sebagai dasar atau rujukan kerjasama kelembagaan antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura dan BTKLPP yang melingkupi, penyelenggaraan pendidikan/pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat; pelaksanaan program magang oleh mahasiswa Unpatti di BTKLPP sebagai implementasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM); dan Kegiatan lain yang disepakati. Dan tentunya Perjanjian kerjasama ini menjadi landasaran bagi pelaksanaan Implementation Arrangement, dimana nantinya program studi Kimia FKIP akan mengirimkan mahasiswa untuk melakukan magang di BTKLPP dalam kurun waktu tertentu yang mengacu pada pedoman MBKM Prodi Kimia FKIP. Kedua belah pihak juga akan membimbing dan mengarahkan mahasiswa selama magang dilaksanakan.

Dalam sambutannya Kepala BTKLPP Ambon, Budi Santoso SKM.,MPH mengatakan penandatanganan yang dilakukan hari ini menjadi legalitas meskipun sebelumnya BTKLPP telah melakukan kegiatan, pelatihan bersama, training, pemanfaatan fasilitas bersama kegiatan lainnya dengan Fakultas lain di Unpatti seperti Fakultas Kedokteran dan FMIPA . “ Tugas kami sebagai salah satu unit pelaksana teknis dibidang pencegahan dan pengendalian penyakit, dimana konsen kami lebih banyak di laboratorium, baik laboratorium kimia, kesehatan lingkungan maupun laboratorium penyakit. Tugas pokok BTKLPP di Maluku adalah melakukan upaya-upaya pencegahan dan pengendalian penyakit khususnya penyakit endemis,. Karenanya wilayah kerja kami luas, kami banyak berinteraksi untuk penguatan dan pengembangan dengan berbagai stakeholder yang salah satunya adalah Universitas Pattimura “. ujarnya. Kepala Balai berharap, ada bentuk-bentuk kegiatan konkrit yang terus terbangun bersama dengan Unpatti.

Rektor Unpatti, Prof. Dr. M.J. Saptenno,SH., M.Hum dalam sambutannya mengatakan pencegahan dan penanggulangan penyakit harus dilakukan secara holistik dengan pendekatan secara terpadu. Jenis-jenis penyakit yang muncul harus diantisipasi dari awal dan mendapat perhatian bersama. Secara ilmiah, perguruan tinggi juga berkewajiban melakukan berbagai kajian sesuai keilmuan dan akan dipadu dengan praktek dan kenyataan dilapangan, sehingga menghasilkan inovasi yang bermakna khususnya bagi masyarakat kepulauan di Maluku yang sulit dijangkau. Dikatakan Universitas Pattimura juga memiliki laboratorium terpadu yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengujian dalam segala bidang. “ Saya harapkan ada program yang nyata dari fakultas dengan adanya kerjasama ini dan keterlibatan guru besar maupun dosen diperlukan untuk memberikan kontribusi ilmu dalam bidang kesehatan lingkungan dan pencegahan penyakit dan semoga kerjasama ini dapat dilanjutkan dengan aksi yang nyata pula “ tutup rektor.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr Jantje Tjiptabudy,S.H.,M.Hum., Wakil Rektor Bidang Perencanaan,Kerjasama dan sistem Informasi Dr.Muspida,M.Si., Dekan FKIP Unpatti Prof. Dr. Izaak H. Wenno, Kepala Biro AKPHM, Pimpinan Jurusan MIPA dan Prodi Pendidikan Kimia FKIP serta rombongan BTKLPP. ( Fal )

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60