Dipastikan Pembangunan ANP dan LIN Tetap di Pulau Ambon

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait tetap akan membangun Ambon New Port (ANP) dan Lumbung Ikan Nasional (LIN) di Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon.  Dan tidak berniat memindahkan lokasi pembangunan ANP dan LIN ke tempat atau lokasi lain.

Demikian disampaikan anggota Komisi II DPRD Maluku, Halimun Saulatu kepada wartawan di Kantor DPRD Maluku, Karang Panjang Ambon, Kamis (11/11/2021)ke Pulau Seram hanya sebatas wacana.

Sebab, lanjut Saulatu, dipilihnya lokasi pembangunan ANP dan LIN di Pulau Ambon untuk memperpendek jarak tempuh sebab ANP dan LIN akan mengakomodir kepentingan Indonesia Timur.

“Pulau Ambon ditetapkan sebagai lokasi logistic, mulai dari mengisi bahan bakar, air bersih dan lainnya,” jelasnya.

Hal ini disebabkan Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) telah merencanakan secara matang pembangunan dan dampak kehadiran Ambon New Port dan LIN bagi masyarakat Maluku.

”Memang Ambon New Port berhubungan dengan kementerian Perhubungan namun LIN adalah KKP dan komisi telah mendengar penjelasan dari kementerian dengan dampaknya yang sangat luar biasa bagi masyarakat Maluku” ujar Saulatu.

Karena itu, dari pemaparan diketahui jika masalah lahan akan diselesaikan dengan menggunakan APBN melalui lembaga yang dikelola oleh kementerian keuangan .

“Yang dikuatirkan ini kan terkait dengan pembebasan lahan . Itu semua sudah diatur dan akan diselesaikan oleh lembaga yang diatur oleh kementerian keuangan” urai Saulatu.

Karena itu, Ambon New Port dan LIN akan menjadi kebanggaan orang Maluku karena dapat memberikan manfaat yang sangat banyak.

” Bukan hanya soal anggaran pembebasan lahan tapi terkait dengan rekrutmen tenaga kerja hingga nelayan . Tagal itu, perlu penyiapan tenaga kerja dan nelayan yang profesional sesuai kebutuhan” tuturnya .

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60