Hendrik Lewerissa Gandeng BPKM Sosialisasi UU Cipta Kerja Bagi Pengusaha Mikro

  • Whatsapp
banner 468x60

Ambon, MG com – Anggota DPR RI Komisi VI dapil Maluku, Hendrik Lewerissa melaksanakan giat reses dengan menggandeng kementerian investasi, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) guna menggelar sosialisasi UU Cipta kerja bagi pengusaha mikro di kota Ambon.

Kepada Wartawan, Aris Indarnato, staf ahli bidang pengembangan sektor investasi prioritas kementerian investasi BKPM menjelaskan, sosialisasi yang dilakukan ini untuk memberi pemahaman tentang peran dan fungsi Omnibus Law.

“Undang undang (UU) cipta kerja ini memang di design utamanya untuk mempermudah perijinan, ini merupakan gabungan dari beberapa UU yang di akumulasi menjadi satu dalam omnibus law” ungkap Aris di Natsepa Hotel, Kamis, (28/10/2021).

Aris mencontohkan, dulu misalnya pelaku usaha mikro sulit mendapat legalitas usaha, karena prosesnya yang berbelit-belit, dengan adanya UU Cipta kerja mempermudah pengurusan.

“Kalo gak ada legalitas, susah mendapatkan akses perbankan berupa pinjaman, bahkan akses marketing pun gak ada. Karena, suatu produk harus dilengkapi dengan standard halal untuk produk makanan, kemudian harus mendapatkan SNI, sehingga untuk mendistribusi produk ke mini market, swalayan, terkendala legalitas.” Sebutnya.

Untuk itu, dirinya menilai, jika ada gelombang penolakan, Ini murni karena minim sosialisasi, ada yang memang belum memahami, sehingga masyarakat salah kaprah tentang fungsi dan peran omnibus law sendiri, padahal ini juga akan dituang dalam peraturan pemerintah tentang pelaksanaannya.

“Semoga dengan adanya omnibus law dapat mempermudah iklim investasi, dimana akan menumbuhkan lapangan pekerjaan baru. Jadi, setiap insan di negeri ini bisa melakukan usaha, dan tentunya akan menggairahkan ekonomi mikro untuk terus tumbuh dan berkembang,” tutupnya. (VATAL)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60