Didampingi Gubernur, Kepala BNPB Lepas Mobil Masker dan Tanam Pohon

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Letjen (TNI) Ganip Warsito Menanam Pohon bernilai ekonomis dan melepas Gerakan Mobil Masker di halaman Rektorat IAIN – Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Rabu (20/10/2021).

Penanaman pohon dilakukan dalam rangka memperkuat mitigasi bencana berbasis vegetasi.

Aksi peduli lingkungan dipimpin Kepala BNPB, Letjen (TNI) Ganip Warsito dan Gubernur Maluku, Murad Ismail bersama Kepala BPBD dari 34 provinsi serta sejumlah bupati di Maluku dengan menanam anakan pohon yang memiliki nilai ekonomis seperti kayu putih,mangga, langsat, salawaku, lenggua, kayu besi, durian, rambutan kinar dan damar.

Kegiatan penanaman pohon itu menjadi bagian dari rangkaian Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB tahun 2021 yang dipusatkan di Kota Ambon.

Kepala BNPB Ganip Warsito berharap pohon yang ditanam beberapa diantaranya adalah jenis tanaman kuat yang memiliki nilai ekonomi, sekaligus bermanfaat sebagai penyangga dan pengikat tanah, sehingga dapat berfungsi untuk mitigasi dan pengurangan risiko bencana berbasis vegetasi.
“Tolong dijaga agar pohonnya tumbuh subur dan bermanfaat selain untuk memperkuat vegetasi dan mengurangi risiko bencana, juga bernilai ekonomis bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Senada dengan itu Gubernur Maluku, Murad Ismail berharap tanaman endemik Maluku yang ditanam dapat dirawat dan dipelihara, sehingga memberikan manfaat besar bagi pelestarian lingkungan di masa mendatang.
“Apa yang kita lakukan hari ini merupakan implementasi sederhana tetapi sarat manfaatnya dari upaya pengurangan resiko bencana yang dimulai dari diri sendiri dan lingkungan,” katanya.

Gubernur mengakui dirinya bersama komunitas peduli sungai dan para pecinta alam di Kota Ambon telah melakukan gerakan “Kalesang Negeri” pada 11 September 2021 untuk mengajak masyarakat lakukan bersih-bersih lingkungan dan sungai di 11 Kabupaten/kota di Maluku dan gerakan tersebut menjadi agenda tahunan.

Selanjutnya, Gubernur mendampingi Kepala BNPB RI melepas 10 unit mobil pengangkut masker dan handsanitizer didampingi pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku. ke 10 unit mobil tersebut memuat sedikitnya 50.000 masker serta ribuan botol handsanitizer dan sabun cuci tangan untuk dibagikan kepada masyarakat di seluruh pelosok Pulau Ambon.

Selain itu, Kepala BNPB Warsito juga menghibahkan satu unit Mobil Resque kepada Pemerintah Provinsi Maluku.

Warsito mengatakan, pelepasan Mobil Masker bertujuan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat, dan juga melakukan mitigasi terhadap kemungkinan akan menghadapi Covid-19 selanjutnya.

“Atas dukungan dan arahan dari Gubernur Maluku Murad Ismail, hari ini kita melakukan tiga agenda besar hari ini, salah satunya adalah launching (Pelepasan) Mobil Masker untuk masyarakat,” katanya.

Ia berharap, penyerahan Mobil Masker ini, bisa menjadi salah satu cara dalam mencegah kemungkinan terjadinya gelombang ketiga pada saat Nataru (Natal dan Tahun Baru) yang akan datang.

“Dengan disiplin, kerjasama kita yang kuat, maka kita akan mampu mengendalikan bahkan menghilangkan Covid-19 dari NKRI yang kita cintai,” tandasnya.

Terkait penyerahan Mobil Masker kepada Pemerintah Provinsi Maluku, Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan, ungkapan terima kasih.

“Atas nama pemerintah daerah Provinsi Maluku dan masyarakat, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada BNPB RI dan BPBD Maluku dalam aksi pembagian masker ini,” ucap Gubernur.

Gubernur berharap pembagian masker kepada masyarakat melalui Gerakan Mobil Masker untuk masyarakat di Provinsi Maluku akan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan prokes di seluruh lapisan masyarakat. (d2)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60