Desember RS Siloam Layani Pasien BPJS Kesehatan

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Rumah Sakit Siloam bakal menerima peserta BPJS Kesehatan untuk layani pengobatan. Saat ini Kantor cabang BPJS Kesehatan Ambon sementara membangun koordinasi dan komunikasi dengan RS Swasta Nasional itu.

“Kalau semuanya berjalan lancar, nanti di tanggal 01 Desember 2021, peserta JKN -KIS di Maluku sudah bisa dilayani di RS Siloam,” kata kata Kepala Cabang BPJS Ambon, Happy. S. Rumondang Pakpahan saat pelaksanaan Media Gathering di Kota Ambon, Selasa (19/10/2021).

Rumondang menjelaskan, dalam upaya mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan terhadap peserta JKN-KIS di Provinsi Maluku, BPJS Kesehatan Cabang Ambon telah bekerja sama dengan 27 rumah sakit dan 274 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang tersebar di seluruh Provinsi Maluku.

“BPJS Kesehatan dalam melayani peserta JKN-KIS, telah bekerjasama dengan rumah sakit di provinsi Maluku termasuk Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Latumeten,” Dijelaskan, dari semua Rumah Sakit di Kota Ambon, hanya RS Siloam yang belum melayani peserta JKN-KIS saat ini. Namun pada 1 Desember 2021, akan memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat peserta BPJS Kesehatan.

Menurutnya, masyarakat Maluku yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan per Oktober 2021 berjumlah 553.098 jiwa atau 29,49 persen. Padahal, saat ini jumlah peserta sesuai BPJS Kesehatan sesuai data per oktober 2021 mencapai 1.322.408 jiwa atau 70,59 persen.

Dijelaskan, progress kepesertaan JKN-KIS di Provinsi Maluku belum mencapai universal health coverage (UHC), sehingga berbagai upaya terus digalakan.

Untuk itu, diharapkan, kepesertaan JKN-KIS di Provinsi Maluku bisa meningkat dan mencapai universal health coverage (UHC) sehingga lebih banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat dari kepesertaan JKN-KIS.

Pada kesempatan tersebut, Rumondang juga menjelaskan tentang pelayanan kesehatan yang dilaksanakan melalui berbagai media dan fitur yang telah dikembangkan dalam upaya mendukung kemudahan akses pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS.

“Melalui aplikasi mobile JKN, PANDAWA, dan Care Center. Melalui media tersebut, peserta JKN-KIS bisa mendapat sejumlah kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan, mendapatkan informasi tagihan, melakukan pembayaran iuran, mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, dan dapat memudahkan peserta jika ingin menyampaikan pengaduan dan meminta informasi terkait JKN-KIS,” jelasnya.

Dalam aplikasi mobile JKN-KIS juha disediakan pula fitur skrining riwayat kesehatan. Fitur ini akanmemudahkan peserta dalam mengetahui kondisi kesehatannya sedini mungkin, selain itu bagi FKTP juga dapat meningkatkan angka kontak peserta dan menjadi sarana untuk dapat memberikan terapi sedini mungkin sebagai tindak lanjut dari hasil skrining riwayat kesehatan.

“Di masa pandemi covid-19 saat ini, untuk meminimalisir kontak langsung kami juga membuka layanan pendaftaran melalui Whatsapp yang dikenal sebagai PANDAWA. Untuk layanan PANDAWA Kantor Cabang Ambon dapat dilayani melalui chat ke nomor 0812 63139024 selama jam layanan. Baru-baru ini BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan pelayanan care center di nomor 165 yang bisa diakses 24 jam,” jelasnya. (D2)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60