Listrik di Desa Huku Kecil Tak Kunjung Ada, Ini Penjelasan Komisi II

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com- Masyarakat Desa Huku Kecil, Kecamatan Elpaputih, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mengeluhkan aliran listrik yang tak kunjung masuk ke desa tersebut.
Padahal, jaringan listrik telah terpasang sejak 2019, namun hingga kini jaringan tersebut tidak dialiri arus listrik..

Menyikapi hal tersebut, Ketua Komisi II DORD Maluku, Sauda Tethol menjelaskan, pihaknya telah menanyakan hal itu ke PLN.
“Pihak PLN beralasan mengangkut tiang listrik ke daerah itu butuh biaya yang sangat besar. Biasanya pihak PLN melakukan pengadaan sekali jalan untuk beberapa lokasi perencanaan listrik yang akan masuk,” kata Tethol, kepada wartawan, belum lama ini.

Menurut Tethol, mobilisasi tiang listrik menjadi pertanyaan bagi masyarakat.
“Apakah besok atau lusa atau kapankah bisa menyala atau jaringannya bisa di pasang, tapi nyatanya bertahun-tahun baru mulai dipasang, sampai tiangnya sudah karat baru ditanam, begitu juga dengan jaringannya, ” ujar Tethol.

Masyarakat sudah terlanjur kecewa dengan kinerja PLN, karena hingga saat ini desa tersebut tak kunjung dialiri arus listrik.
“Mudah-mudahan dengan perencanaan listrik yang untuk 97 titik di Maluku dan Maluku Utara ini , salah satunya adalah Huku Kecil menjadi target pemasangan listrik dan tahun 2022 sudah bisa nyala.
Kami komisi tetap mengawasi apa yang di sampaikan dan apa yang di lakukan di masyarakat, dan itu janji dari pihak PLN pada komisi II,” kata Tethol berharap.

Kendati begitu, dia mengingatkan, daerah-daerah yang belum mendapatkan pasokan listrik, bisa bersabar.
Pasalnya, pemerintah pusat sedang menggalakan program konversi gas.
”Tapi dengan infrastuktur yang terbangun untuk Biosel saja sampai sekarang belum nyala, apalagi kembali ke gas,”ingatnya.(D2)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60