Kepala BSN Ramah Tamah Dengan DPM PTSP Maluku Sekaligus Tinjau Pameran UMKM

  • Whatsapp
banner 468x60

 


Ambon, MG.com – Kepala Badan Standarisasi  Nasional (BSN), Drs Kukuh S. Achmad, M.Sc, mendatangi Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Maluku, pada Jumat (10/09/2021), pukul 15.30 WIT.

Kedatangan kepala BSN tersebut untuk peninjauan Pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Provinsi Maluku, dan binaan BSN, serta ramah tamah dengan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Maluku, dalam rangka standarisasi perizinan produk UMKM.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP), Dr. Ir. Syuryadi Sabiri, M.Si, menyampaikan ucapan selamat datang kepada bapak Kepala Badan Standarisasi Nasional beserta Rombongan di Dinas Penanaman Modal dan PTSP.

“Bapak Kukuh S. Achmad, M.Sc dan Rombongan Yang Berbahagia, dengan keluarnya Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja, yang melahirkan PP Nomor 5 Nomor 6, dan Nomor 7 Tahun 2021 mengamanatkan, Penyelenggaraan Perizinan berusaha berbasis risiko, Penyelenggaraan Perizinan berusaha di Daerah, Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM,” tutur Kadis DPM PTSP.

Menurutnya, untuk mengimplementasikan regulasi tersebut, salah satunya perlu dilakukan standar pelayanan maupun standar produksi.

Pasalnya, standar pelayanan publik merupakan hal yang sangat penting dalam proses perizinan agar diperoleh pelayanan yang mudah, murah, cepat dan pasti agar tercipta kepuasan pelanggan dalam hal ini adalah para pelaku usaha.

Disisi lain, agar produk-produk UMKM terjamin kualitasnya secara nasional juga membutuhkan standar Nasional Indonesia (SNI), dimana sama-sama diketahui bahwasanya komuditi unggulan daerah provinsi maluku cukup potensial dan mampu bersaing di kelas Nasional maupun Global.

“Harapan kita UMKM dapat selalu bertumbuh ditengah tekanan perekonomian yang mengalami kemandekan ditengah pandemi Covid-19, UMKM harus menjadi motor penggerak utama pertumbuhan ekonomi di negeri ini,” harapnya.

Dirinya pun menghimbau kepada para stakeholder seperti unsur BUMN, BUMD, MUI, Kanwil Agama, Badan POM serta OPD yang terlibat untuk sama-sama berkolaborasi mendorong UMKM.

“Mari kita sama-sama mendorong UMKM, demi meningkatkan kualitas UMKM produk usahanya guna terwujudnya pemerataan ekonomi dan penyerapan lapangan kerja di Provinsi Maluku” tandasnya.

Selain Kadis DPM PTSP, Kepala Badan Standarisasi  Nasional (BSN), Drs Kukuh S. Achmad, M.Sc, dalam arahannya menyampaikan, memang saat ini pelayanan publik itu menjadi kunci ketika terutama teman teman yang bekerja di lembaga pemerintah memberikan pelayanan yang baik secara cepat, efisien dan efektif kepada masyarakat.

 

“Yang pertama saya mengapresiasi PTSP yang tadi saya lihat pak kepala PTSP berharap peran publik ini PTSP ini juga harus dibuktikan dengan standar pelayan publik yang mestinya relevan diterapkan oleh pihak PTSP agar bisa lebih mendapat tempat di hati terutama masyarakat yang di layani oleh PTSP,” kata Kepala BSN Drs Kukuh S. Achmad, M.Sc.

Menurutnya, dalam kondisi ini tentu BSN akan menfasilitasi, tinggal targetnya kapan karena komitmen utama harus dari dua bela pihak.

 

“BSN komitmen, PTSP juga harus komitmen semangat.Suksesnya penerapan tentang pelayanan publik itu adalah komitmen top management  yang harus kita baca standarnya,” tutupnya. (D2)

 

 

 

 

 

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60