Selamatkan Arsip dan Dokumen Negara, Pemkot Ambon Tandatangani Komitmen

  • Whatsapp
banner 468x60

Ambon,MG.com-Sebagai upaya penyelamatan arsip dan dokumen negara, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lakukan penandatangan komitmen yang berlangsung pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon, Kamis (2/9/2021).

Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, Pemkot Ambon memiliki komitmen untuk melakukan penyelamatan arsip dan dokumen negara baik secara manual maupun digital. Karena, arsip dan dokumen merupakan bukti sejarah yang sangat penting pada waktu yang akan mendatang.

“Arsip dan dokumen merupakan, sumber sejarah. Karena kalau kita bicara soal sejarah, kita harus ke Jakarta untuk melihat sejarah Kota Ambon, makanya, kehadiran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon sangat penting dalam menjaga sejarah di masa yang akan datang,” paparnya.

Dia menuturkan, saat ini Pemkot Ambom sementara melakukan koordinasi Bersama Kodam XVI Pattimura untuk melakukan tukar guling pembebaskan lahan Benteng Victoria untuk dipindahkan ke Tawiri.

“Pengalaman membuktikan dalam ptoses tukar guling lahan Benteng Victori tidak ada dokumen sehingga, saya harus ke Jakarta untuk melakukan koordinasi tentang lahan tersebut. Ini harus menjadi obsesi buat saya untuk pembenahan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, karena nilai sejarah sangat penting dan harus miliki pembuktian,” jelasnya.

Dia mengakui, arsip dan dokumen memiliki posisi yang sangat penting bagi masyarakat,

“Dari hal ini kita dapat melihat arsip dan dokumen memiliki nilai yang sangat mahal,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional Imam Gunarto mengakui, arsip dan dokumen merupakan sebuah komitmen dalam menyelamatkan aset negara, makanya gerakan nasional tertib arsip dimunculkan sejak tahun 2016 oleh Menteri PanRB.

“Komitmen dilakukan pemerintah, karena kesadaran terhadap kearsipan masih kurang baik, sehingga gerakan nasional tertib arsip dalam rangka penyelamatan pelestarian kearsipan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat,” ungkapnya.( Fal )

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60