Desa Kamal Gelar RKP Desa 2022

  • Whatsapp
banner 468x60

KAIRATU, MG.com – Pemerintah Desa Kamal Kecamatan Kairatu Barat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) gelar Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Kamal tahun 2022, bertempat di Kantor Desa Kamal Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Sabtu (14/08/2021).

Kegiatan ini dihadiri Camat Kairatu Barat, Atus Resok, perangkat desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pendamping kecamatan, LPM dan pemangku kepentingan lainnya.

Tujuan Musdes, agar terwujudnya perencanaan desa dalam usaha mewujudkan rencana pembangunan jangka menengah desa.

“Berbicara tentang musyawarah desa ini gawenya BPD, tapi juga merupakan tanggungjawab semua elemen di Desa Kamal teristimewa perangkat desa dan BPD, agar bisa memfasilitasi Musdes ke depan. Untuk itu Desa Kamal harus mempertahankan status desa mandiri menjadi indeks desa membangun,” kata Ketua BPD Kamal, Thomas Monateng.

 

Dia berharap, musyawarah desa yang dilaksanakan tersebut berjalan lancar dan bisa dipertanggungjawabkan ke penjabat Desa Kamal.

Dikatakan, sesuai dengan Permendagri 114 Tahun 2014 serta Permendes 17 Tahun 2019 Pemerintah Desa wajib menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) atau yang sering disingkat dengan RPJMDes.

Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) oleh Pemerintah Desa sesuai dengan informasi dari pemerintah daerah kabupaten/kota terkait dengan pagu indikatif Desa dan rencana kegiatan Pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota.

RKP Desa mulai disusun oleh pemerintah Desa pada bulan Juli tahun berjalan. Setelah selesai disusun, selanjutnya RKP Desa ditetapkan dengan peraturan Desa paling lambat akhir bulan September tahun berjalan. (Kos)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60