Pramuka Kwartir Kota Ambon Gelar Bersih-Bersih Kota

  • Whatsapp
banner 468x60

Jelang HUT Pramuka ke 60

AMBON, MG.com – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Ambon lewat Pramuka Peduli melaksanakan bersih – bersih kota, dalam rangka menyongsong Hari Pramuka ke-60 yang jatuh pada 14 Agustus mendatang.
Sabtu (7/8/2021).

“Saya sangat berharap kegiatan bersih-bersih kota yang kita laksanakan bukan karena memperingati hari pramuka saja, tetapi akan menjadi agenda tetap kita. Bisa agenda bulanan atau bisa agenda triwulanan, yang harus digagas dan dirancang khusus oleh Pramuka Peduli,” ungkap Ketua Kwarcab Pramuka Kota Ambon, Anthony Gustav Latuheru, dalam arahannya pada kegiatan tersebut.

Menurut Sekretaris Kota (Sekot) Ambon itu, bukan hanya bersih-bersih kota, tetapi Pramuka juga harus peka dengan lingkungan, peka dengan kota ini, apalagi dalam suasana musim penghujan yang sampai hari ini juga belum mereda.
“Kita doakan musim penghujan ini tidak membawa malapetaka bagi kota ini. Jika memang ada bencana, saya berharap Pramuka peduli atau Pramuka Cabang Kota Ambon harus berperan aktif di lapangan dan harus berperan aktif di mana saja, saat dibutuhkan masyarakat kota ini, untuk berpartisipasi secara aktif,” harapnya.

Latuheru menjelaskan, kegiatan bakti sosial bersih-bersih kota ini juga di dukung Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Maluku. Bentuk dukungan itu terlihat dengan kehadiran kakak-kakak andalan daerah.

“Kita tidak bisa kerja sendiri. Kita harus kerja kolaboratif. Kalau itu kita lakukan, maka tidak mungkin atau tidak mustahil segala sesuatu yang berat sekalipun, bisa dilaksanakan secara ringan,”jelasnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Kwartir juga mengusulkan pelaksanaan Vaksinasi Massal Covid-19 bagi anggota Pramuka usia 12-17. Tahun, untuk mendukung tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Saya usulkan juga, nanti kakak-kakak sekalian diatur waktunya, karena sekarang kita sudah bisa vaksinasi untuk remaja umur 12-17 tahun. Kita Vaksinasi masal kepada ade-ade Pramuka yang berusia 12-17 Tahun. Kalau ini kita lakukan, berarti kita mendorong agar kota ini, bahkan provinsi ini bisa tercepat mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Kalau ini sudah bisa capai saya percaya bahwa aktivitas kita di kota ini akan cepat bisa mencapai kehidupan yang normal kembali,” tegasnya.

Hingga saat ini kata Latuheru, Kota Ambon telah mencapai 43 persen angka vaksinasi warganya, atau lebih dari 100ribuan warga yang telah divaksin. Itu artinya tersisa 30-40 persen lagi untuk mencapai herd immunity atau total 70 persen dari warga kota yang berhak di vaksinasi.

“Mari secara bersama-sama mendukung program vaksinasi ini. Kalau kemarin sudah di gagas oleh kakak Ketua Kwarda Maluku dengan vaksinasi massal kepada masyarakat termasuk kepada para atlit, saya sarankan untuk kita juga menggagas mendukung program Kwarda Maluku dan kita laksanakan ini secara bersama-sama,” ajaknya. (FAL)

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60