Bakamla Amankan 10 Ekor Satwa Liar

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Bakamla Zona Maritim Wilayah Timur dengan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Ambon dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam menggelar Operasi Keamanan dan Keselamatan Laut dalam rangka Operasi TRISULA II-21, Rabu (30/06/2021). Operasi ini dilaksanakan di kawasan perairan Teluk Ambon Kota Ambon.

Tujuan operasi ini dilakukan yakni untuk meminimalisir gangguan dan keamanan yang sering terjadi pada kapal yang sandar di sekitaran Teluk Ambon serta menjaga pengangkutan TSL dan hasil SDA lainnya di kapal-kapal barang/tangker. Pemilik satwa adalah ABK kapal yang sedang berlabuh di sekitaran Teluk Ambon.

Kepada pemilik satwa tersebut diberikan peringatan keras dengan membuat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatan memelihara dan membawa TSL yang dilindungi.

Dari keterangan yang diberikan kepada petugas diketahui bahwa burung-burung tersebut mereka beli dari seseorang penjual secara online di grup facebook dengan sistem COD.  Selanjutnya satwa yang berhasil diamankan diserahkan kepada petugas BKSDA Maluku untuk dirawat dan direhabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitat aslinya.

Saat ini satwa-satwa tersebut sudah berada di Kandang Transit Passo untuk dikarantina dan direhabilitasi untuk mengembalikan sifat liarnya.

Satwa liar yang berhasil diamankan masing-masing,  satu ekor Nuri Kepala Hitam (Lorius Lory), tiga ekor Nuri Maluku (Eos Bornea),  tiga ekor Kakatua Koki (Cacatua Galerita),  tiga ekor Kakatua Maluku (Cacatua Moluccensis) dan dua ekor Kucica Kampung (Copsychus Saularis). (Kos)

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60