Komisi IV DPRD Maluku Bakal Datangi Kemendik Usul Penambahan Kuota Guru Kontrak

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Komisi IV DPRD Maluku lakukan rapat bersama mitra sebelum datangi Kementrian Pendidikan dan PAN meminta penambahan kuota penerimaan Guru Kontrak di Maluku.

Hal ini disampaikan Samson Atapary Ketua Komisi IV DPRD Maluku seusai rapat di ruang Komisi IV, Kamis (29/4/2021)

Atapary mengakui jika dalam usulan ke pusat ada kebersamaan antara Pemda Maluku dengan DPRD Maluku, tentang kuota kebutuhan awal yang diminta kurang lebih 3.350, namun dalam perhitungan Pemda menetapkan 924,” kata Samson Atapary.

Menurut Samson, pihaknya kembali lagi untuk menyampaikan pada Kementrian Pendidikan dengan PAN guna menaikan lagi kuota kebutuhan Guru Kontrak dari satu juta di seluruh Indonesia baru terisi kurang lebih 500.000 Guru, sehingga masih ada tersisa sekitar 50 persen.

”Kami akan datangi Kementrian Pendidikan dengan alasan Maluku masih memiliki kekurangan tenaga guru akibatnya mutu pendidikan rendah kami mengusulkan agar kuota guru kontrak ditambahkan sehingga kebutuhan Guru di Maluku sekitar 8000 itu bisa terisi semua.,” jelasnya

Menurutnya, yang bisa mengikuti seleksi CPNS adalah Guru Kontrak yang sudah memiliki data Dapodik sehingga Guru Kontrak yang berjumlah 1004 itu maupun Guru – guru penugasan yang selama ini sudah punya SK pastilah mereka sudah memiliki data di Dapodik.

Untuk seleksi CPNS nanti akan dimulai dari Mei 2021 hingga Agustus pelaksanaan tes-nya,” katanya..

Atapary menjelaskan, dalam penempatan guru kontrak juga melalui evaluasi yang konprensif, sehingga tidak semua guru kontrak bisa diperpanjang namun ada pula yang tidak diperpanjang.
“Harusnya telah diangkat guru kontrak baru yang pada 2020 namun belum diangkat sesuai kebutuhan sekolah yang tidak memiliki guru mengajar pada mata pelajaran tertentu yang di butuhkan sekolah itu,” pungkasnya. (Eln)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60