Hatta : Harus Melihat Kebutuhan Masyarakat

  • Whatsapp
banner 468x60

Larangan Mudik

AMBON, MG.com – Akibat covid-19, Pemerintah Pusat mengeluarkan larangan mudik lebaran. Keputusan Pemerintah Pusat ini juga diberlakukan di seluruh daerah di Indonesia termasuk di Maluku. Anggota DPRD Maluku dapil Seram Bagian Barat, Muhammad Hatta Hehanussa kepada wartawan di Gedung DPRD Maluku menegaskan langkah pencegahan arus mudik di Maluku harus juga melihat kebutuhan masyarakat lantaran kebanyakan daerah di Maluku masuk zona hijau.
“Pelarangan itu tentunya kita akan mendorong tetapi kita juga harus melihat kondisi kebutuhan dari masyarakat, sebab banyak daerah di Maluku bukan zona merah rata-rata semua zona hijau, jadi apakah pemberlakuan ini berpihak terhadap rakyat atau tidak,” katanya.
Untuk itu lanjut Hatta, Komisi III akan memanggil pihak terkait untuk lakukan komunikasi intensif supaya hal ini tidak menjadi polemik ditengah masyarakat terutama menghadapi arus mudik .
“Kita tahu bersama kalau memang larangan mudik tanggal 6 Mei berjalan sesuai surat edaran tentunya hal ini akan menimbulkan masalah baru,” katanya.
Permasalahan ini akan muncul mengingat, sebagian besar warga Kota Ambon berasal dari daerah yang wilayahnya zona hijau.
“Dengan demikian harus perhatian dan kebijakan terhadap daerah- daerah yang dikategorikan zona hijau,” katanya lagi.
Untuk diketahui, saat ini Kota Ambon masuk daerah zona orange. Berdasarkan hal tersebut Pemerintah Provinsi Maluku setuju dengan kebijakan Pemerintah Pusat melarang mudik lebaran. Pemerintah kuatir, arus mudik bisa mengakibatkan terjadinya kluster baru penyebaran covid-19.
Menyikapi hal tersebut, Hehanussa menegaskan pihaknya membutuhkan intensitas, untuk itu KSOP akan dipanggil guna mengkoordinasikan hal tersebut.

“Tidak perlu membangun pos kesehatan untuk diterapkan pada arus mudik, cukup perhatikan protokol kesehatan dan hal itu harus diterapka oleh masyarakat dari zona orange ke zona hijau ,saya merasa yakin sudah aman,” katanya yakin. (Eln)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60