Peringati Hari Kartini, HIPMI Maluku Gandeng Ina Latu Kunjungi Lapas Perempuan

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Perayaan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2021, Ketua BPD HIPMI Maluku menggandeng Inalatu Maluku, Ny. Widya Murad Ismail kunjungi Lapas Perempuan Kelas III Ambon, Rabu (21/4/2021).
Saat berkunjung, HIPMI Maluku menyiapkan bingkisan tali kasih untuk warga binaan berupa peralatan kecantikan serta perlengkapan mandi. Peralatan kecantikan diberikan lantaran dalam Lapas Perempuan Kelas III Ambon memiliki Salon Kecantikan sebagai wadah mengasah bakat para perempuan yang menjalani masa hukumannya sebelum kembali ke masyarakat.

Penyerahan bingkisan dari HIPMI Maluku yang diserahkan secara simbolis oleh Ina Latu Maluku, Ny. Widya Murad Ismail

Ina Latu Maluku, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada BPD HIPMI Maluku yang giat melakukan aksi social.
“Sebagai sebuah organisasi wirausaha, selain berkonsentrasi pada pengembangan ekonomi dan bisnis, HIPMI, telah menunjukkan perhatian yang begitu besar dalam hubungan sosial kemasyarakatan dengan memotivasi dan mensupport wanita warga binaan pemasyarakatan yang ada di Lapas Perempuan Kelas III Ambon, melalui perayaan Hari Kartini hari ini,” kata Widya.
Istri Gubernur Maluku Murad Ismail itu, merasa senang karena dapat bersilaturahmi bersama para warga binaan pemasyarakatan pada momen perayaan Hari Kartini.
Silaturahmi harap Widya, semoga terus terjaga. Dapat menjadi penyambung harapan dan menambah semangat untuk menjalani hari para warga lapas, mengasah potensi dan bakat, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki agar dapat menghasilkan karya yang kreatif sehingga bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga bagi masyarakat.
“Salah satu karya yang dapat kita lihat seperti tarian selamat datang yang tadi ditampilkan dengan sangat indah, oleh saudara-saudara kita di awal acara tadi. Saya sangat terhibur, terima kasih,” ujar Widya.
Menurut Widya, RA Kartini telah menuangkan gagasan yang menyentikkan semangat pada kaum perempuan.
“Semangat yang disuntikkan Kartini inilah yang harus ditiru perempuan masa kini. Perempuan harus maju, berjuang, mau berubah kearah yang lebih baik untuk mengembangkan potensi untuk mencapai yang dicita-citakan,” katanya.
Sementara itu, Ketua Umum BPD HIPMI Maluku, Jaqueline Margaretha Sahetapy (JMS) dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ina Latu Maluku lantaran ditengah kesibukannya masih mau menyediakan waktu berkuynjung ke Lapas Perempuan Ambon.

Ketua BPD HIPMI Maluku, JMS saat menyampaikan untaian kata hati

“Terima kasih buat Ina Latu Maluku yang mau menyempatkan waktu ditengah kesibukannya sebagai pendamping Gubernur Maluku yang memiliki kesibukan tinggi namun mau menerima undangan kami berkunjung ke Lapas Kelas III Ambon,” katanya.
JMS juga memberikan apresiasi kepada semua warga binaan atas semangat dan kreativitas selama di Lapas Perempuan sehingga menghasilkan ketrampilan yang memiliki nilai ekonomi.
“Walau dengan keterbatasan, tapi semangat untuk tetap bekerja sebagai perempuan mandiri patut diacungi jempol,” katanya.
Dikatakan, sebagai organisasi profesional, HIPMI merupakan laboratorium untuk menghasilkan profesional muda yang handal dan berdaya saing serta bertanggungjawab membawa HIPMI secara khusus dan Maluku secara umum menjadi lebih baik.
“Sebagai Ketua HIPMI perempuan pertama di Maluku sepanjang sejarah HIPMI berdiri, saya memimpin sejak tahun 2017, kami terus bersinergi dengan berbagai pihak agar tidak hanya menghasilkan pengusaha muda handal yang saat ini tercatat sebanyak 1000 pengusaha kami juga mendorong pemberdayaan masyarakat di desa serta lakukan aksi kemanusiaan seperti yang dilakukan saat ini,” jelasnya.
Dulu kata JMS, Kartini berjuang untuk mengembangkan emansipasi perempuan dan saat ini banyak perempuan hebat lahir. “Bahkan di Maluku telah ada bupati perempuan, pengusaha perempuan yang hebat, dan lainnya,” kata JMS.
Sementara itu, Kalapas Perempuan Kelas III Ambon, Ellen Risakotta mengatakan, pihaknya mengaku kaget dengan kedatangan isteri orang nomor satu di Maluku ini.
“Sebelumnya ada pemberitahuan, tetapi rencananya masih menunggu konfirmasi lanjut tentang kepastian. Tapi ternyata berdasarkan informasi yang kami dapati, rencana kunjungan beliau ke lapas adalah benar, sehinga dengan semangat kita persiapkan seluruh keterampilan yang telah dikerjakan para warga binaan di sini. Semua karya yang mereka kerjakan kita perbagus. Kemudian sampai kepada latihan menari, nyanyinya. Ada fashion shownya juga,” katanya.


Risakotta juga menjelaskan, di Lapas binaannya, pihaknya melakukan sejumlah rangkaian kegiatan untuk menyemangati warga binaan saat menjalankan rutinitas didalam sel dengan berbagai keterampilan.
Dalam kunjungan Widya, Risakotta mengaku itu, ada terjadi momen haru.
” Sikap itu respek. itu merupakan rasa kepercayaan kepada para napi bisa berubah sikap,” ungkapnya.
Sebagaimana diketahui, jumlah warga binaan sebanyak 67 orang. Rinciannya, narapidana 43 orang, tahanan 24 termasuk satu orang anak didik pemasyarakatan. (Eln)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60