DPRD Maluku Bentuk Pansus Kaji LKPJ Gubernur

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – DPRD Maluku sepakat membentuk Panitia Khusus (Pansus) guna mengkaji Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur tahun 2020.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Ambon, Kamis (15/0/2021).
“Tadi kita sepekati untuk Pansus melakukan pengkajian terhadap LKPJ,” katanya menindalanjuti rapat Badan Musyawarah (Banmus).

Dikatakan, Pansus yang dibentuk berasal dari utusan fraksi dan komisi, yang setiap waktu berhadapan dengan mitra guna membicarakan berbagai hal berkaitan program pembangunan daerah.

“Jadi mereka tahu permasalahan yang ada di masing-masing mitra, karena itu pikiran dari teman-teman komisi sangat perlu, sehingga dari komisi diutus satu orang, sedangkan fraksi juga satu orang,”ucapnya.

Untuk pelaksanaannya, kata Lucky sesuai ketentuan perundang-undangan dewan diberikan waktu 60 hari untuk membicarakan LKPJ. Dan jika dalam kurung waktu tersebut, DPRD tidak menyelesaikannya, maka dianggap dewan menerima LKPJ Gubernur 2020 tanpa catatan.

Sebaliknya, jika ada catatan, kata Wattimury, DPRD membuat rekomendasi dalam bentuk pokok pokiran terhadap kinerja pemerintah daerah.

Dirinya berharap, sikap politik fraksi terhadap kebijakan Pemda yang dijelaskan dalam LKPJ 2020 bisa disampaikan dalam rapat Pansus yang akan datang.

Dikatakan, selain LKPJ, dalam rapat Bamus juga dibahas berkaitan verikasi surat masuk dari masyarakat maupun pemerintah daerah.

Wattimury menjelaskan, ada beberapa surat masuk yang sudah dibahas tuntas oleh komisi bersama mitra, ada yang belum, bahkan ada juga beberapa yang perlu peninjauan langsung lapangan.

“Oleh karenanya kami tetapkan masing-masing komisi memilih dua kabupaten untuk melakukan verifikasi surat masuk,”cetusnya.

Hasil verifikasi surat masuk ini, terangnya akan dibicarakan dengan mitra terkait, sampai seberapa jauh penanganan bersdasarkan pantuan dan verifikasi, dan bagaimana menyelesaikannya.

Namun tentu memilih objek verifikasi merupakan hal penting, sehingga betul-betul berdampak terhadap masyarakat luas.

“Direncanakan, setelah penyampaian LKPJ maka verifikasi dilaksanakan mungkin di hari Sabtu, komisi juga sudah menyampaikan rencana verifikasi surat masuk kepada kami dan diatur untuk bagaimana dilaksanakan verifikasi oleh setiap komisi,” ujar Wattimury. (Eln)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60