Operasi Gelar Pasukan, Polres dan TNI Libatkan OPD Buru

  • Whatsapp
banner 468x60

NAMLEA, MG.com – Guna memberikan rasa aman dan nyaman saat perayaan Idul Fitri 1440 H, Polres Buru gelar Operasi Ketupat.
Operasi Ketupat 2019 ini melibatkan anggota TNIserta beberapa instansi teknis serta organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan. Apel gelar Pasukan Operasi Ketupat Siwalima 2019 ini diselenggarakan di Halaman Kantor Polres Buru, Selasa (27/05/2019).

Dalam sambutannya Kapolres Buru, AKBP. Ricky Purnama Kertapati menjelaskan, jika
operasi Ketupat tahun 2019 yang akan digelar selama 13 hari mulai Rabu dini hari tanggal 29 Mei 2019 sampai dengan hari Senin tanggal 10 Juni 2019 memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi di tahun-tahun sebelumnya.

Menututnya, hal tersebut membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan operasi ketupat tahun 2019 semakin kompleks.
“Operasi Ketupat tahun 2019 akan diselenggarakan di 34 Polda dengan melibatkan 160.335 personil TNI, 18.906 kementerian dan dinas terkait, 11.720 personil Satpol PP, 6.913 personil Pramuka serta 16.076 personil organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan,” jelasnya.

Kertapati menambahkan, Apel Gelar Pasukan diselenggarakan secara serentak mulai dari tingkat Markas Besar Polri hingga ke Polres jajaran, dengan dua tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel gelar pasukan ini antara lain, mengecek kesiapan personel, peralatan dan seluruh aspek operasi termaksud sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara, serta menunjukkan kesiapan penyelenggara operasi kepada publik sehingga menumbuhkan ketenangan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Sementara itu, Dandim 1506 Namlea, Letkol. Syarifudin Azis dalam sambutannya mengatakan dengan semangat dan rasa kebersamaan, mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas.
“Untuk itu, saya menyampaikan beberapa peraturan untuk menjadi pedoman, yaitu,
persiapan secara optimal seluruh aspek penyelenggara operasi, hal tersebut bertujuan agar koperasi dapat terselenggara dengan sukses aman dan lancar,” katanya.

Selain itu, Syarifudin juga menyerukan seluruh personil untuk terus pertahankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam menghadapi setiap potensi gangguan sepanjang penyelenggara operasi
“Terus jaga dan pelihara solidaritas dan sinergitas seluruh komponen penyelenggara operasi ini dari pelanggaran dan perilaku yang dapat mencederai keberhasilan pelaksanaan tugas,” tegasnya.

Apel gelar pasukan ini dihadiri, Wakapolres P. Buru, Bachrie Hehanussa, pejabat eselon II dan III Pemkab Buru, Pasi Ops Kodim 1506 Namlea Kapten Inf. Husein Malagapi, jajaran Kasat Polres P. Buru, Polsek Jajaran, para Perwira Staf Polres P. Buru, Danki Brimob Kompi 3 Den A Pelopor. Iptu A. Lainata, Kasatpol PP. Karim Wamnebo SH.dan unsur SKPD.

Kegiatan ini juga diikuti, satu SSR Subden Pom Namlea, satu SSR Kodim 1506 Namlea, satu Platon Kompi Brimob, satu Platon Dalmas, satu Platon Sat Polair, satu Palaton Sat Lantas, satu Platon Gabungan Staf, satu Platon Sat Serse, satu Platon Intel dan Narkoba, satu Platon Sat Pol PP., satu Platon Dinas Perhubungan.
satu Platon Basarnas, satu Platon Damkar
dan satu Platon Senkom. (an)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60