Pemkab Buru Launching Operasional PTSP

NAMLEA, MG.com – Pemerintah Kabupaten Buru melaksanakan launching Operasional Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Agama Namlea Klas II pada, Kamis (29/11/ 2018), bertempat di aula Kantor Bupati Buru, jln Danau Rana, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Buru, Ramly Umasugy memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kehadiran PTSP Pengadilan Agama klas II di daerah ini. “Semoga dengan kehadiran PTSP Pengadilan Agama klas II di daerah dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Kabupaten Buru,” katanya.
Umasugy juga menyampaikan sesuai instruksi Dirjen Badan Peradilan Agama bahwa semua pengadilan se-Indonesia diharapkan dapat memberikan layanan prima melalui pelayanan terpadu satu pintu dengan berpedoman pada keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 14 03 B DJA/SK/ OT 013/ 8 /2018 tentang pedoman pelayanan satu pintu di lingkungan peradilan agama.
Untuk itu kehadiran pelayanan terpadu satu pintu PTSP Pengadilan Agama kelas II di daerah ini sangat dibutuhkan.
“Karena penyelenggara kepaniteraan hukum perdata yang proses pengelolaannya akan dilakukan secara terpadu dalam satu tempat sebagai upaya untuk mewujudkan pelayanan yang cepat efektif dan efisien transparan dan memberikan kepastian hukum serta mewujudkan hak hak masyarakat,” jelas Umasugy.
Sedangkan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku, Drs. M. Shaleh dalam sambutannya mengatakan bertitik tolak dari ketentuan pasal 24 ayat 1 dan 2 UUD 1945, maka Peradilan Agama kasus Pengadilan Agama Namlea merupakan salah satu bagian dari lembaga kekuasaan kehakiman yang secara eksistensial berdiri sejajar dengan lembaga peradilan lainnya.
Lembaga peradilan tersebut, yakni Pengadilan Negeri, Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara yang berbeda hanyalah aspek kewenangan yang mengadilinya,” katanya.
Lainching ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Maluku, didampingi Bupati Buru, Wakil Bupati Buru Amostofa Bessan.
Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Kementrian Agama Kabuoaten Buru, Taslim Tuasikal, serta pejabat eselon II dan III Setda Buru. (an).

Tinggalkan Balasan