Keseriusan AMO Tuai Pujian

AMBON, MenaraGlobal.com-Kinerja Ambon Music Office (AMO) semakin baik dan serius dalam upaya implementasi Ambon sebagai Kota Musik Dunia. Demikian pengakuan yang disampaikan Deputi Fasilitas HKI dan Regulasi Badan Ekonpmi Kreatif (BE KRAF), Ari Juliano Gema kepada wartawan usai Sosialisasi Ambon Menuju Kota Mysik Dunia yang diselenggarakan di Sahid Hotel-Ambon, Rabu (11/7/2018).

AMO kata Gema, adalah penghubung antara pihak di luar Ambon yang ingin berpartisipasi dalam menunjang Ambon sebagai Kota Music Dunia dan selama ini AMO sudah membuat perencanaannya.

“Saya lihat kinerja AMO sudah cukup baik, dan juga sudah serius dalam melaksanakan seluruh program yang telah digagas sebelumnya,” puji Gema.

Sehingga tambahnya, pihak luar yang ingin mendukung Ambon sebagai Kota Music Dunia dapat dikomunikasikan secara baik dan memberikan jalur resmi atas terselenggaranya kegiatan di Kota Ambon.

“Proggres Ambon menuju Kota Music Dunia cukup signifikan terbukti awalnya hanya ada Pemkot Ambon dan BE KRAF namun saat ini semakin banyak kementerian dan lembaga termasuk stake holder yang mendukung Ambon menjadi Kota Music Dunia,” jelas Gema. Misalnya, saat Konfrensi Music beberapa waktu lalu, nampak seluruh tokoh music hadir di Ambon dan diskusi tentang music Indonesia dan bagaimana Ambon menuju Kota Music Dunia. Bahkan kehadiran ketua DPR-RI dengan membawa 150 wartawan parlemen untuk mempublikasikan tentang Ambon.

“Ini satu hal serius yang dilakukan, mendukung Implementasi di 2019 mendatang, termasuk Perpustakaan Nasional yang siap membantu Ambon mewujudkan Pusat Dokumentasi Music terlengkap di Indonesia,” Ucapnya.

Sejak dicanangkan tahun 2016 hingga saat ini, telah banyak peningkatan.

Pihaknya sementara mengupayakan pembangunan  infrastruktur seperti studio music dan gedung pertunjukan music etnic, pendidikqn music formal termasuk kerjasama dengan lembaga lain yang turut mendukung Ambon menuju Kota Music Dunia.

“Sekarang kita harus penuhi syarat, yakni mengkonkritkan seluruh dukungan, agar ketika didaftarkan ke UNESCO, terlihat jelas keseriusan Kota Ambon menjadi Kota Music Dunia, sehingga Ambon diterima UNESCO,” jelasnya.

Gema optimis banyaknya dukungan dari berbagai pihak, maka Ambon Kota Musik Dunia segera terwujud. (On)

Tinggalkan Balasan