Bantuan ke Koperasi Nelayan Sehati Terancam Ditarik

AMBON, MG.com – Akibat ulah Ketua Koperasi Nelayan Camar Indah Negeri Sehati Kabupaten Maluku Tengah, Lubrek Sopacua, bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang pernah diperoleh koperasi tersebut berupa kapal penangkap yang dilengkapi 3 unit pancing tonda terancam ditarik.

Hal ini dikemukakan Kepala Bidang Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Ahmad Umarella kepada wartawan, diruang kerjanya, kemarin.
“Kalau sampai ada permasalahan dan dilaporkan anggota maka bantuan tersebut bisa ditarik,” katanya.

Umarella menjelaskan, bantuan yang diterima Koperasi Nelayan Camar Indah merupakan bantuan dari Kementerian KP melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku Tengah tidak melalui Dinas KP Provinsi Maluku.
“Mestinya, koperasi penerima bantuan tetap didampingi pembina dari instansi terkait dan tidak dibiarkan bebas,” tandas Umarella.

Berdasarkan pengakuan dari salah satu anggota koperasi tersebut, seperti yang diinformasikan media, tambah Umarella ada bagian dari kapal penangkap yang telah dijual Ketua Koperasi kepada nelayan tetangga.
“Jika hal ini benar maka Ketua Koperasi harus bertanggungjawab sebab salah satu klausul dalam berita acara penyerahan barang, menjelaskan bahwa barang yang diterima tidak bisa dipindahtangankan atau dijual. Jika terjadi proses jual beli barang hibah maka barang tersebut akan ditarik,” tegasnya.

Terkait dengan dugaan penipuan tandatangan dan pencatutan nama anggota yang telah keluar, Umarella menyarankan agar dilaporkan ke pihak kepolisian.
“Persoalan ini sebaiknya dilaporkan ke aparat kepolisian agar ditindaklanjuti secara hukum,” terangnya.

Selain itu, tambahnya, koperasi yang pernah memperoleh bantuan hibah dari pemerintah tidak akan diberikan lagi, apalagi koperasi tersebut terindikasi tidak sehat.
“Koperasi Nelayan Camar Indah masuk kategori tidak sehat lantaran tidak pernah lakukan rapat rutin maupun rapat akhir tahun serta banyaknya anggota termasuk pengurus yang keluar, ini berarti koperasi tersebut tidak sehat,” tandasnya. (On)

Tinggalkan Balasan