Pemilih Pemula, Target Sosialisasi Bawaslu Buru

NAMLEA, MG.com – Ketua Bawaslu Kabupaten Buru, Fathi Haris Thalib berharap agar generasi muda, OKP dan pemilih pemula terlibat aktif dalam pengawasan partisipatif Pemilu 2019.
Hal itu dikatakan Fathi Haris Thalib kepada wartawan di sela-sela kegiatan Pengawasan Partisipatif Dalam Rangka Pemilu 2019, bertempat di Hotel Alexis, Kamis, (4/4/2019).

Menurut Fathi, pemilih pada Pileg dan Pilpres saat ini didominasi pemilih pemula. Pemilih pemula memiliki peran penting dalam pelaksanaan proses demokrasi.
“Setiap kali hajat Pemilu, kategori pemilih pemula selalu mendapat perhatian khusus. Pasalnya mereka dianggap masih awam terkait wawasan soal kepemiluan,” katanya.
Kondisi ini dinilai Bawaslu Buru sebagai peluang lain. Selain meningkatkan wawasan terkait Pemilu bagi pemilih pemula, mereka juga dilibatkan dalam kerangka pengawasan partisipatif Pemilu dan Pilpres 17 April 2019 mendatang.
Untuk itu Bawaslu Kabupaten Buru berupaya meningkatlan pemahaman bagi pemilih pemula dalam menyalurkan hak politiknya, sekaligus berperan aktif dalam kerangka pengawasan partisipatif untuk menciptakan pemilu yang bersih dan berkualitas.

Fathi berharap, pemilih pemula bisa menggunakan hak politiknya dengan benar. ‘Minimal mereka paham bahwa Pemilu adalah momentum strategis pergantian kekuasaan. Yang terpenting dalam kaitan pengawasan Pemilu, pemilih pemula bersinergi dengan Bawaslu dalam hal pengawasan,” kata Fathi.

Pada kedempatan tersebut, pemilih pemula diberikan pemahaman jika menemukan pelanggaran Pemilu bisa melaporkan ke jajaran Pengawas Pemilu mulai tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.
Minimal tambah Fathi, mencatat lokasi kejadian dan melampirkan bukti berupa foto.
Dengan demikian, Bawaslu akan terbantu dan bisa menindaklanjuti temuan yang dilaporkan oleh pemilih pemula yang turut serta menjadi pengawas partisipatif.
Sementara itu, Ketua KPU Buru, Munir Soamole menjelaskan pentahapan pemilu tahun 2019 yang sudah dilaksanakan KPU Buru.
Kepada peserta Munir berpesan agar pemilih pemula ikut mengkampanyekan kepada yang punya hak pilih agar datang ke TPS tanggal 17 April nanti.
“Kita berharap Pemilu kali ini angka partisipasi pemilih lebih baik dari Pemilu sebelumnya.Target nasional 77 persen, saya berharap di Buru angka partisipasi lebih tinggi lagi,” harap Munir.(an)

Tinggalkan Balasan