BI – BMPD Gelar Kampanye GPN

AMBON, MG – Melalui Gerakan Pembayaran Nasional (GPN), sistem pembayaran Indonesia ke depan akan mencakup semua layanan yakni satu sistem untuk semua, lebih inklusf, lebih mudah, lebih efisien, dan selalu terjaga keamanannya.

Demikian dikemukakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Bambang Pramasudi saat press confrens di aula BI Maluku, Jumat (27/7/2018).

Untuk mewujudkan hal itu, K

antor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku dan Perbankan di Provinsi Maluku yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Maluku akan menggelar kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Minggu (29/7/2018).

“GPN adalah suatu system yang mengintegrasikan beberapa kanal pembayaran misalnya Automated Teller M

achine (ATM), Electronic Data Capturing (EDC) yang memfasilitası transaksi elektrank melalui s

ystem atau infrastruktur antar switching yang saling terhubung (interkoneksi) dan insrtumen yang paling dapat diterima/diproses di berbagai kanal pembayaran (interoperabilitas),” jelasnya.

Menurutnya, GPN memungkinkan transaksi elektronik dapat digunakan seluruh masyarakat Indonesia, sehingga masyarakat menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas, dan efisien.

Dijelaskan juga, bahwa terdapat tiga sasaran dan manfaat utama implementasi GPN yaitu menciptakan ekosistem sistem pembayaran yang saling interkoneksi, interoperabilitas dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi yang mencakup otorisasi, kliring dan setelmen secara domestik.

Juga, meningkatkan perlindungan konsumen antara lain melalui pengamanan data t

ransaksi nasabah dalam setiap transaksi, dan meyakinkan ketersediaan dan integritas d

ata transaksi sistem pembayaran nasional guna mendukung efektivitas transmisi kebijakan m

oneter, efsiensi intermediasi dan resilensi sistem keuangan. “GPN juga dihadirkan s

ebagai tulang punggung guna memberkan dukungan penuh bagi program-program pemerintah termasuk penyaluran bantuan sosial non tunai, elektronifikasi jalan tol dan transporasi publik, keuangan inklusif dan pengembangan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik,” jelasnya.

 

Penukaran Kartu Berlogo GPN, yang akan dilakukan secara serentak di 17 titik di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Maluku yang digelar di Kota Ambon. (on)

Tinggalkan Balasan