Perwakilan Kemenhan Gelar Lomba PCTA

AMBON, MG- Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tingkat SLTA dan Perguruan Tinggi Provinsi Maluku, yang berlangsung di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan selama dua hari yakni Rabu dan Kamis (25-26/7/2018).

Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Pertahanan Maluku, Kol.(Inf) Wawan Setiawan menjelaskan kegiatan ini merupakan gelaran rutin setiap tahunnya oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan telah dilaksanakan sejak 8 tahun lalu.

Kegiatan ini diharapkan tersosialisasikan pesan pembentukan karekter bangsa yang berwawasan kebangsaan, kemudian memiliki kesadaran bela negara kepada generasi muda Indonsia, terutama di Provinsi Maluku.

“Kami ingin mengajak kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku dengan melibatkan generasi muda penerus bangsa baik pelajar maupun mahasiswa, karena mereka inilah yang nantinya menjadi tongkat estafet penerus bangsa,” katanya.

Lomba PCTA ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku dengan tema ‘Mewujudkan Generasi Muda Anti Narkoba dan Cinta Tanah Air.’

Kementrian Pertahanan RI mengharapkan adanya ide dan inovasi yang lahir dari setiap peserta, supaya dengan ide dan inovasi tersebut dapat menggembleng generasi muda untuk berkontribusi untuk negeri dan cinta tanah airnya.

Peserta yang terlibat sebanyak 19 tim pelajar SMA dan 15 tim mahasiswa dari kabupaten/kota di Provinsi Maluku.

Ke 34 peserta itu mengikuti lomba esai dan oral serta penampilan kesenian dari setiap pesertanya di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.

Lomba yang digelar kali ini juga untuk memperoleh hasil terbaik, sehingga siapapun yang akan menjadi juara pertama, maka tim tersebut yang akan mewakili Provinsi Maluku  berlaga di tingkat nasional pada bulan September di Bandung.

LPCTA berlangsung aman dan tertib, hasilnya, juara I Lomba PCTA SMA/sederajat diraih S

MA Kartika XIII Ambon atas nama Stevia Marselin Souhoka dan Marlyn Violetha Fordatkossu, Juara II,  SMA N 2 Ambon atas nama Eunike Wijayanti Putri Jambormias dan Eugenia Anggie Chrisline Manusiwa, Juara III  SMA Maria Mediatrik Ambon atas nama Marsela Aprilia Kols & Fransina Klementina Mekul.

Sementara juara I tingkat Perguruan Tinggi diraih IAIN Ambon Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam atas nama Yuniarti Sulaiman dan Istika Rahma Hayati, Juara II  FISIP Unpatti atas nana Muh. Effendi Sad dan Nada D.F Madubun, serta Juara III diraih Fakultas Perikanan dan Kelautan Unpatti Umar Ali Lessy dan Ali Darwis Ely.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Dra. Mimi Hudjajani, M. Si, saat membuka lomba PCTA mengatakan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku mengapresiasi upaya Kementerian Pertahanan dalam upaya pemberdayaan generasi muda dengan sasaran pelajar dan mahasisiwa melalui lomba PCTA. (on)

 

 

 

Tinggalkan Balasan