Beri Kuliah Umum, Presiden Mikronesia Akui Berdarah Maluku

AMBON, MenaraGlobal.com-Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter. M Christian tiba di Kampus Universitas Pattimura sekitar pukul 14.35 Wit, didampingi Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff, Pangdam XVI Pattimura, Kapolres Pulau Ambon, Rektor Unpatti serta jajaran SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Peter Christian memberikan kuliah umum kepada 350 mahasiswa serta civitas akademika Unpatti dari berbagai program studi.

Dihadapan mahasiswa dan undangan lainnya, Peter Christian mengakui jika dirinya keturunan Maluku dan baru generasi ketiga.

“Ayah saya bernama Marthen Souisa Christian, dan baru generasi ketiga. Nantinya cucu saya merupakan generasi kelima di Mikronesia,” katanya dalam bahasa Inggris.

Tak lupa Peter juga menjelaskan tentang kondisi geografis Mikronesia yang juga terdiri dari kepulauan.

“Negara kami terdiri dari empat pulau besar yang berpenghuni serta ratusan pulau kecil lainnya,” terang Christian.

Pada kesempatan tersebut, Christian juga menjelaskan tentang kerjasama yang telah disepakati dengan Pemerintah RI.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dan Sekretaris Departemen Luar Negeri Federasi Serikat Mikronesia, Lorin S Robert, yang disaksikan Presiden Joko Widodo serta Presiden Mikronesia, Peter M Christian, di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu.(18/7/2018)

Kerjasama ini dilakukan karena selama ini masuknya warga Mikronesia ke Indonesia terkendala pengurusan visa. “Jika mau ke Indonesia kita harus mengurus visa di Manila atau Tokyo. Dengan adanya kerjasama ini maka pejabat Mikronesia yang mau ke Indonesia bebas visa,” katanya.

Selain itu tambahnya, Presiden RI akan menunjuk konsulat kehormatan di Mikronesia. (on)

Tinggalkan Balasan