Buka Keterisolasian, Pemda Halsel Manfaatkan Dana Pinjaman PT SMI

AMBON, MenaraGlobal.COM-Guna meminimalisir keterisolasian masyarakat di Halmahera Selatan dan sekitarnya, Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan memanfaatkan dana pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI).

Hal ini diakui Sekda Halmahera Selatan, Helmi Surya Botitihe kepada wartawan di Ambon  seusai Sosialisasi Alternatif Pembiayaan Pembangunan Infrastruktur Daerah yang dilaksanakan di The City Hotel-Ambon, Rabu (26/04/2018).

Sekda mengaku, Kabupaten Halmahera Selatan sudah dua kali meminjam dana dari PT SMI sebesar Rp 77 miliar, yang diperuntukkan untuk membangun infrastruktur jalan menghubungkan daerah penghasil perkebunan yang awalnya sulit diakses.

“Kami menggunakan dana pinjaman dari PT SMI untuk membuka keterisolasian masyarakat terutama dari desa penghasil perkebunan,” terangnya.

Dikatakan, setelah adanya pinjaman dari PT SMI, seluruh akses yang menghubungkan darat dan laut bias diakses dengan lancar.

“Dana pinjaman ini, sangat membantu masyarakat di Kabupaten Halmahera Selatan dan pembangunan jalan beberapa puluh kilometer hanya dalam satu tahun, kalau seandainya kita pakai APBD kabupaten Halsel sebesar Rp  77 miliar, maka tentunya tidak akan sanggup, karena bukan hanya infrastruktur saja ada yang lain harus dibangun juga,” katanya.

Dana sebesar Rp 77 miliar tersebut telah dicicil selamalima tahun dan saat ini hamper selesai angsurannya.(DD)

 

Tinggalkan Balasan