CSR Pegadaian Fokus Pemberdayaan

AMBON, MenaraGlobal.COM-Dana Corporate Social Responsibility (CSR) Pegadaian Ambon  terdiri dari dua yakni program kemitraan dan Bina Lingkungan.

Hal ini dijelaskan, Kepala Pegadaian Ambon, Asih Subekti kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (26/4/2018).

Menurutnya, program kemitraan adalah program berupa pemberian pinjaman kepada masyarakat, yakni pengusaha ekonomi rakyat kecil yang harus dikembalikan.

“Bunga pinjaman ini sangat kecil yakni 3 persen per tahun. dan disetiap outlet memiliki target masing-masing untuk program kemitraan ini,” terangnya.

Dana yang disediakan sebesar Rp 150 juta, untuk disalurkan dan terhitung sejak 15 April  yang baru tersalurkan 20 persen.

“Bunganya, rendah hanya 3 persen per tahun, tanpa agunan,” katanya.

Sementara untuk program Bina Lingkungan, pihaknya menggelar bersih-bersih lingkungan seperti yang dilakukan di Sungai Air Besar Desa Baru Merah Kecamatan Sirimau -Kota Ambon, total dana Bina Lingkungan Rp.375 juta.

“Dana ini termasuk bantuan untuk juga kepada Unpati untuk pembangunan sarana olahraga senilai Rp. 75 juta dan pengadaan tong sampah senilai Rp. 250 juta, termasuk juga untuk pengembangan PAUD, dan pembangunan sarana keagamaan,” terang Asih.

Diakuinya, walaupun  dana yang disediakan tidak terlalu besar, tetapi setiap outlet wajib menyalurakannya, terutama dalam program pemberdayaan masyarakat.

Untuk memperoleh bantuan dana Bina Lingkungan maka harus ada permohonan bantuan kepada PT Pegadaian dengan memasukan proposal permohonan bantuan.

“Selanjutnya akan dilihat apakah nominal nilai yang diminta wajar atau tidak, setelah itu pegadaian akan meneruskan permohonan ke kantor regional di Makasar, bila disetujui akan langsung berproses untuk dikerjakan,” jelasnya.

Pada prinsipnya, kata Asih, PT Pegadaian siap membantu masyarakat di Kota Ambon dengan dana CSR yang dimiliki, melalui outlet Pengadaian  terdekat dengan masyarakat. ()

Tinggalkan Balasan