Gelar Pelatihan, Pemuda Ansor Gandeng BPP Kendari

AMBON, MenaraGlobaal.COM-Pelatihan peningkatan produktifitas paket IX dan X UPTP Balai Peningkatan Produktifitas (BPP) Kendari Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Prodiktifitas Kementerian Ketenagakerjaan RI kerjasama dengan Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Maluku melatih 40 orang pengusaha muda di Ambon yang terdiri dari 20 orang dari wirausaha masyarakat dan 20 lainnya pemuda Ansor.

Pelatihana ini digelar di Golden Palace Hotel Ambon Senin, (23/04) dan akan berlanjut hingga lima hari kedepan.

Pemateri yang dihadirkan, DR. H. mashur Malaka, dari UPTP Balai Peningkatan Profuktifitas Kendari Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Prodiktifitas Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Dalam materinya, Malaka menjelaskan jika UPTP Balai Peningkatan Produktifitas Kendari memiliki wilayah kerja di Sulawesi, Maluku dan Papua.

Dijelaskan pula, ada tiga tujuan pelaksanaan pelatihan peningakatan yakni produktifitas dalam basic keagamaan, dan produktifitas dari dalam diri tiap orang.

“Produktifitas itu membangun karakter kinerja seperti rajin, kerja tuntas,kerja cerdas dan moral diantaranya harus jujur, bertaqwa, beriman, amanah semua itu harus ditunjukan dalam kerja yang nyata. Pelatihan ini diharapkan, dapat mendorong potensi yang dimiliki,” jelasnya.

Menurutnya, pemuda Ansor harus meningkatkan wawasan pengetahuan serta pemahaman agar lebih bersemangat, mampu menunjukan motivasi yang berprestasi.

Sementara itu, Ketua NU Maluku,Syarief Hidayat menyambut gembira kerjasama dan berharap hall ini tetap terjalin.

“Kader Ansor di Maluku cukup banyak, tentu membutuhkan arahan dan bimbingan serta bimbingan dalam meningkatkan produktifitas,” katanya.

Dikatakan, dunia ini kompleks dan ketat dalam peesaingan terutama bisnis, wirausaha dan kualitas kerja.

“Kita bukan hanya bersaing sengan orang Maluku tetapi dengan masyarakat luar jelang MEA. Kemampuan kita, kapasitas harus terus diasa, dengan praktek yang praktis agar dapat memacu diri dalam kebutuhan zaman saat ini,” terangnya.

Menurutnya, Gerakan Pemuda Ansor harus mengambil kesempatan ini, kalau tidak akan rugi.

Syarief berharap, kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan di tahun mendayang agar kader yang lain juga dapat ikut serta.

“Ini penting agar kualitas pemuda Ansor dapat semakin ditingkatkan,” harapnya.

Sementara itu,  Ketua Panitia Pelaksana, A.F Muhayar Basith menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktifitas dan daya saing tenaga kerja di Kota Ambon, meningkatkan keterampilan dan skill serta kualitas tenaga kerja dalam pekerjaannya.

“Materi yang akan diberikan dalam pelatihan ini yakni pengantar Produktififas, Motivasi , disiplin dan etos kerja, konsep dan filosofi 5-S, teknik membuat risalah, pengukuran, rencana aksi, presentasi dan evaluasi,” katanya. (MG-1)

 

Tinggalkan Balasan