KPw BI Maluku Gelar Pelatihan Wartawan Ekonomi

iAMBON, MenaraGlobal.COM-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Maluku menggelar pelatihan bagi wartawan di Ora Beach Maluku Tengah (19/4/2018).

Pembicara yang dihadirkan pada pelatihan yang diikuti 13 wartawan ini adalah Agung wartawan senior dari media Republika dan Andhika Departemen Komunikasi Kantor Pusat BI.

Dalam sambutan selamat datangnya, Andi Setyo Biwado Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Maluku mengatakan, pelatihan yang dilakukan saat ini bisa menjadi bekal untuk menulis berita ekonomi lebih menarik.

“Selama ini berita ekonomi selalu kalah dalam pemberitaan dibandingkan berita politik apalagi tahun 2018 merupakan tahun politik,” katanya.

Apalagi tambah Biwado, tahun 2018 ini Maluku merupakan salah satu daerah yang ikut menyelenggarakan pesta pemilihan kepala daerah.

Biwado berharap, pelatihan yang diselenggarakan saat ini bermanfaat karena pemateri akan memberikan kiat – kiat atau tips menulis berita ekonomi.

“Berita ekonomi bahkan kalah dalam pemberitaan dengan berita kriminal lantaran tidak pernah atau jarang dijadikan headline halaman utama,” tambahnya.

Kegiatan pelatihan wartawan merupakan agenda rutin KPw BI Maluku setiap tahun dan telah dilaksanakan selama beberapa tahun terakhir.

Tujuan kegiatan ini selain memberikan pelatihan kepada jurnalis ekonomi juga lebih mendekatkan KPw BI Maluku dengan mitra yakni jurnalis.

Sementara itu, pemateri awal, Agung wartawan senior Media Republika menjelaskan tentang kiat-kiat menulis berita ekonomi dengan mudah dan menarik.

“Yang penting adalah punya informasi awal yang ditindaklanjuti dengan pemahaman isu, lakukan riset, survei, kemudian penelitian dan analisis ahli,” terangnya.

Selain itu, agung juga menjelaskan soal peliputan yang harus diawali dengan pemilihan narasumber dan penggalian data sekunder.

Juga dijelaskan soal penulisan, tips menulis yang baik dan menarik serta cara menulis berita ekonomi yang singkat, padat, mudah dipahami pembaca dan objektif. (DD)

 

Tinggalkan Balasan