Bupati Resmi Pelabuhan Rakyat Huamual

Piru, MenaraGlobal.COM-Bupati Seram Bagian Barat (SBB),  Moh Yasin Payapo resmikan pelabuhan rakyat yang berlokasi Desa Luhu Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB, Rabu (4/4/2018).

Proyek pelabuhan rakyat tersebut dikerjakan tahun 2017 dan anggarannya bersumber dari dari program DAK Bidang Transportasi Perdesaan  tahun 2017 sebesar Rp 9 miliar.

Hadir pada kesempatan tersebut  Wakil Bupati SBB, Timotius Akerina, serta anggota DPRD SBB dapil Huamual, Salim Suneth, dan Hj Rahim Waleulu, Zeth Marayate, Kapolsek Huamual Ipda Rahmat Ramdani, Kadis Perhubungan Adjait,SH,M,Si, Kadis Discapil Dominggus Ahiyate, Kabag Humas Setda SBB Josep Sapasuru, Camat Huamual Drs. M Mansyur Hatala, juga pejabat Negeri Luhu Usman Payapo,serta para tamu undangan kurang lebih 100 orang.

Dalam sambutannya, Payapo menjelaskan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan NO 49 tahun 2005 tentang Sistem Transportasi Nasional ( Sistranas) yang dilaksanakan kabupaten dan kota dalam Tataran Transportasi Lokal ( Tatralok) dan skala regional provinsi dengan Tataran Transportasi Wilayah ( Tatrawil) dalam kurung waktu 5 tahun terakhir.

Provinsi Maluku konsen dalam bidang transportasi dengan program unggulan Trans Maluku yang bertujuan menghubungkan seluruh kepulauan di wilayah Provinsi Maluku.

“Pogram ini merupakan perwujudan dari Nawacita kedua dan ketiga dari Presiden Jokowi,” ungkap Payapo.

Nawacita menghadirkan negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, yang diimplementasikan pada sektor perhubungan.

“Ini berarti mewujudkan ketersediannya sarana dan prasarana transportasi yang dibutuhkan masyarakat, Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka kesatuan dengan menghadirkan transportasi sehingga mampu menyediakan kebutuhan pokok masyarakat desa dan wilayah pinggiran serta wilayah Indonesia Bagian Timur dengan harga terjangkau,” katanya.

Payapo juga berterimakasih kepada pihak terkait yakni kontraktor juga memberikan apresiasi kepada Dinas Perhubungan.

“Ini tidak terlepas dari komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Peresmian Pelabuhan Rakyat di Kecamatan Huamual ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita.

Payapo juuga berkesempatan meninjau pelabuhan tersebut disampingi Wakil Bupati Timotius Akerina, anggota DPRD SBB Salim Suneth, Hj Rahim Waleulu, dan Zeth Marayate beserta OPD lingkup Pemkab SBB. (Fit)

 

 

Tinggalkan Balasan