Forum OPD SBB

Payapo Akui Belum Lihat asil Musrenbang SBB

Piru, MenaraGlobal.COM- Sesuai undang – undang nomor 23 tahun 2104 maka daerah melaksanakan pembangunan untuk peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, meningkatakan akses dan pelayanan public serta daya saing daerah.

Untuk mencapai tujuan pembangunan daerah, sesuai kewenangan maka penyusunan dokumen rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanan pembangunan nasional.

Hal ini dikemukakan Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Mohamamad Yasin Payapo pada pembukaan forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Piru, Selasa (20/3/2018).

Menurutnya, Rencana Pembangunan Daerah dituangkan dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah (RPJPD, RPJMD, Renstra PD, Renja PD), penyusunan dokumen perencanaan daerah dirumuskan secara transparan, responsif, efesien, efektif, dan akuntabel.

Payapo menjelaskan, tujuan pertemuan forum OPD SBB untuk mensinkronisasikan rancangan awal Renja perangkat daerah mencakup penajaman target kinerja.

“Sasaran rencana program, kegiatan, indicator kinerja, pendanaan indikatif, lokasi kegiatan, berdasarkan rencana program dan kelompok sasaran pada rancangan awal RKPD tahun 2019, serta usulan prioritas hasil musrenbang kecamatan,” jelasnya.

Payapo mengakui jika materi hasil Musrenbang sampai saat ini belum dilihatnya maupun Wakil Bupati dan Sekretariat Daerah SBB.

Payapo meminta agar OPD tidak salah melakukan program sesuai dengan visi dan misi Pemda SBB untuk mensejahterakan masyarakat.

“Untuk itu, program mana yang sudah dikerjakan, belum dikerjakan dan berapa banyak yang masih kurang, ini harus dilakukan secara efektif oleh setiap OPD dan dipertanggungjawabkan setiap program kerjanya, agar dapat dievaluasi mana yang belum dikerjakan, sudah dikerjakan dan masih kurang agar segera ditindaklanjuti,” tegas Payapo.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati SBB Timotius Akerina, Sekda SBB Mansyur Tuharea, pimpinan OPD lingkup Pemerintahan SBB, serta tamu undangan lainnya. (FS)

Tinggalkan Balasan