Dikbud Maluku Gelar Penyusunan USBN SMA

AMBON,MenaraGlobal.com – Seksi Kurikulum Bidang SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku menggelar penyusunan soal USBN tingkat SMA.

Proses penyusunan soal ini dilaksanakan dalam rangka persiapan Ujian Nasional (UN) SMA dan sederajat tahun pelajaran 2017 – 2018.  Proses tersebut dilaksanakan pada Kamis (22/02/2018) di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku di Ambon.

Nus Kesaulja saat membaca sambutan tertulis Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku mengatakan, penyusunan soal USBN yang dilakukan sangat penting, karena proses penyusunan soal perbandingannya 75 persen dari provinsi dan 25 persen dari Kementerian Pendidikan.

“Untuk memperoleh 75 persen soal tersebut maka diharuskan kerjasama seluruh guru mata pelajaran di kabupaten/kota yang terhimpun dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk menyusun soal USBN,” jelasnya.

Dikatakan, para guru mata pelajaran yang diberi tanggungjawab menyusun soal harus mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh tanggungjawab demi kemajuan pendidikan di Maluku.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Netty Badriah, menambahkan penyusunan soal USBN ini diberikan kepercayaan mulai dari Kabupaten/Kota dalam hal ini MGMP selanjutnya soal – soal tersebut diverifikasi ole MGMP baru dimasukan ke Provinsi.

“Untuk itu, kami datangkan tim dari Kementerian Pendidikan apakah soal – soal yang dibuat sudah sesuai kisi – kisi atau belum. Jika sesuai maka digabungkan 75 persen soal provinsi dan 25 persen soal dari Kementerian, setelah itu dilingking atau digabung. Dan Dikbud Provinsi bertanggungjawab sampai dengan membuat master soal, setelah itu dikembalikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk diserahkan ke sekolah – sekolah dan digandakan dengan menggunakan dana BOS,” tuturnya.

Untuk diketahui tambah Badrun lagi, USBN tahun ini beda dengan tahun lalu, karena sekarang seluruh mata pelajaran masuk baik K-13 maupun KTSP 2006 hingga harus lebih serius dalam proses penyusunan soal USBN SMA. (DW)

Tinggalkan Balasan