Instruksi Gubernur Maluku, Satu Instansi Satu Inovasi

AMBON, MenaraGlobal.COM – Guna mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik di Maluku maka Gubernur Maluku mengeluarkan Instruksi Gubernur Maluku Nomor 1 tahun 2017 tentang pelaksanaan gerakan Satu Instansi Satu Inovasi.

Demikian dikemukakan Asisten III Bidang Perekonomian dan Pembangunan Aset Daerah Setda Maluku, Zulkifli Anwar saat membaca sambutan tertulis pelaksana tugas Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua pada kegiatan Forum SKPD Kominfo untuk 11 kabupaten dan kota di Maluku, yang diselenggarakan di aula Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Kamis (22/02/2018).

Instruksi Gubernur Maluku tersebut dikeluarkan sebagai respons terhadap Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan Strategis Nasional dan UU 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Eletronik dalam upaya pemerintah menyuarakan pemanfaataan teknologi dan informasi di sektor pemerintah.

“Implementasi penyelenggaraan pemerintahan berbasis tekonologi informasi dan komunikasi harus dilaksanakan secara efisein dengan mengoptimalkan jejaring komunikasi, koordinasi dan kolaborasi lintas instansi termasuk dengan elemen masyarakat,” ingatnya.

Zulkifli menambahkan, hal ini menjadi peran penting dalam penyelenggaraan Rakor sebagai bentuk pengembang visi dan misi dalam membangun sistim informasi dan komunikasi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Maluku.

Diharapkan, melalui forum SKPD Dinas Komunikasi dan Infotmatika Provinsi Maluku, menjadi dasar penerapan sistim pembangunan Tekonlogi Informasi Tekomukasi (TIK), di Maluku, sehingga dapat mendukung penetapan dan arah kebijakan pemerintah.

Dijelaskan, dalam UU Nomor 23 tahun 2014 telah mengamanatkan pembangian kewenangan urusan persandian sebagai salah satu urusan pemerintahan.

Urusan persandian satu rumpun dengan urusan komunikasi dan infromatika dan statistik. “Selaras dengan hal tersebut pembangunan Maluku juga menghadapi pentingnya peran informasi komunikasi dan persandian dalam mewujudkan tata kelola pelayanan publik yang lebih baik,” katanya.(D2)

Tinggalkan Balasan