BLK Ambon Siap Rekrut 1.696 Peserta Pelatihan

AMBON, MenaraGlobal.com-Paket pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Ambon totalnya ada 106 paket dengan peserta pelatihan yang akan direkrut sebanyak 1.696 orang. Paket pelatihan ini tersebar di kabupaten dan kota.

Khusus untuk rekrutmen melalui uji kompetensi yang dilakukan di BLK Ambon sebanyak 996 orang  untuk 62 paket. Sementara sisanya direkrut di kabupaten dan kota.

Hal ini dikemukakan Kepala BLK Ambon, Salsa Mulyata saat peringatan puncak Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional tingkat Provinsi Maluku tahun 2018 yang diselenggarakan di BLK Ambon di Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon, Provinsi Maluku, Jumat (26/01/2018).

Menurut Salsa, walaupun saat ini pertumbuhan ekonomi tergolong cepat namun angkatan kerja mengalami kesulitan memperoleh pekerjaan baik di industri perusahaan maupun usaha mandiri.

“Ini disebabkan rendahnya kualitas tenaga kerja sehingga menyulitkan mengisi formasi pekerjaan yang lowong sesuai kompetensi yang disyaratkan untuk menduduki posisi atau jabatan tertentu,” katanya.

Untuk itu tambahnya, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka persoalan tersebut harus segera dituntaskan  melalui pelatihan yang sesuai dengan minat masing-masing orang.

“Disesuaikan dengan minat agar mereka mampu bersaing mengisi lowongan kerja yang ada di industri atau perusahaan  bahkan mampu membuka usaha mandiri setelah selesai mengikuti pelatihan di BLK Ambon yang berada di bawa Kementerian Ketenagakerjaan ini,” katanya.

Salsa menjelaskanm saat ini di BLK Ambon ada 11 Kejuruan yakni Otomotif, Listrik, Elektronik, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Bangunan, Las, Refrigeration, Garmen Aparel, Processing, Pertanian dan Pariwisata.  “Ini kesempatan bagi angkatan kerja untuk membekali diri dengan keahlian sesuai bakat dan minat mereka,” terangnya.

Salsa juga menyampaikan sejarah singkat berdirinya BLK Ambon. Dijelaskan, BLK Ambon dibangun pada tahun 1970/1980 dan diberi nama BLK Provinsi Maluku. Karena Maluku merupakan daerah kepulauan maka BLK Provinsi Maluku sempat berubah nama menjadi BLK Kemaritiman dibawa Departemen Tenaga Kerja RI.

Namun berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 81 tahun 2007 tentang Otda maka BLK Ambon kembali diserahkan ke Pemerintah Provinsi Maluku.  Dan, berdasarkan SK Gubernur Maluku Nomor 03 tahun 2007 tertanggal 12 November 2007 tentang Pembentukan Organisai dan Tata Kerja UPTD lingkup Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi Provinsi Maluku maka BLK Ambon berada dibawa Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku.

Tapi pada Juli 2013, diterbitkan Berita Acara Serah Terima Nomor 120-6/2013-6359/OTDA/2013 tentang Penyerahan Satuan Personil, Peralatan, Pembiayaan, dan Dokumen Balai Latihan Kerja Khusus Kemaritiman dari Pemerintah Provinsi Maluku kepada Pemerintah Pusat.

Juga Berita Acara Serah Terima Nomor 6359/OTDA/2013-BA.594.SJ/VII/2013 tentang penyerahan pembiayaan dan dokumen Balai Latihan Kerja Khusus Kemaritiman  Provinsi Maluku dari Meenteri Dalam Negeri ke Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI.

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 21 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Cara Kerja Unit Pelaksana Teknis  Bidang Pelatihan Kerja BLK Ambon bertanggungjawab langsung kepada Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas dibawa Menetri Ketanagakerjaan RI. (DW)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan