Pastikan Stabilitas Kamtib Jelang Nataru, Jajaran PAS Maluku Gelar Apel Siaga

  • Whatsapp
banner 468x60

Ambon,MG.com- Jajaran Pemasyarakatan dalam lingkup Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku menggelar apel siaga secara serentak di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Maluku. Giat tersebut dilaksanakan guna memastikan stabilitas keamanan dan ketertiban menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

Untuk Pulau Ambon, Apel Siaga dipusatkan di lapangan upacara Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, Kamis (23/12) dan diikuti oleh perwakilan petugas seluruh UPT PAS se-Kota Ambon. Bertindak selaku Pembina Apel, Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, sementara Kepala Sub Bidang Keamanan, Alviantino Risky Satriyo bertindak selaku Pemimpin Apel. Hadir dalam apel tersebut, seluruh pejabat tinggi pratama pada Kanwil Kemenkumham Maluku, Kepala UPT PAS se-Kota Ambon, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Baguala, Komandan Rayon Militer (Danramil) 1504/01 Baguala.

Andi Nurka dalam arahannya menginstruksikan lima poin penting terkait persiapan pengamanan menjelang Nataru yakni mewaspadai penyebaran Covid-19 varian Omicron, menjaga situasi keamanan dan ketertiban di masing-masing UPT, membangun sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum setempat dalam rangka memperkuat jajaran masing-masing, menjaga marwah dan kehormatan institusi dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang mencoreng nama baik institusi, memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di setiap area layanan publik.

“Kita berdiri di sini untuk menyatakan komitmen kita sebagai petugas pemasyarakatan dan memastikan bahwa kita siap menyelenggarakan tugas dan fungsi kita selama perayaan Natal dan Tahun baru dengan aman, lancar dan kondusif”, tegas Andi. Ia berharap instruksinya dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab baik oleh Kepala Satker, Pejabat struktural di bawahnya serta seluruh petugas pemasyarakatan di Maluku sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berlangsung dengan aman di seluruh UPT.

“Tetap semangat, jaga kesehatan, tetap berdoa, semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa selalu menjaga dan meridhoi segala tugas dan kerja kita”, sambungnya.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Maluku, Saiful Sahri dalam keterangannya mengatakan bahwa Divisi Pemasyarakatan dalam fungsi supportingnya telah membentuk regu bantuan untuk pengamanan dan pengawasan ke sejumlah UPT. “Kita ada 4 Tim untuk pengawasan di Lapas, Rutan, LPP dan LPKA Ambon mulai dari H-1 sampai puncak Nataru nanti”, terang Saiful. Ia menjelaskan bahwa sebelumnya juga telah dibuat surat edaran peningkatan kewaspadaan menjelang Nataru untuk dilakukan seluruh UPT.

“Langkah-langkah antisipasi sudah kita lakukan, baik untuk pelaksanaan malam natal, ibadah perayaan Natal, pemberian remisi sampai layanan penitipan barang. Sedangkang apel hari ini untuk memastikan kesiapan petugas menyambut perayaan Nataru”, urai Saiful. Ia juga menghimbau jajaran Pemasyarakatan untuk mematuhi instruksi pimpinan untuk tetap dirumah, tidak bepergian dan tidak mengadakan kegiatan open house.( Fal )

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60