Gubernur Maluku Bangun Kerjasama Dengan Turki dan China

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Komitmen Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Drs Murad Ismail, untuk membangun Maluku kembali kearah yang lebih baik, termasuk dibuktikannya lewat jalinan kerjasama dengan negara luar untuk ikut membangun daerah ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, (Diskominfo) Provinsi Maluku, Drs. Semuel Estefanus Huwae mengungkapkan, terobosan yang dilakukan Gubernur Maluku, Murad Ismail, berupa kerja sama pertanian dan perkebunan, pekerjaan umum, dan kesehatan di wilayah Maluku.

Ia mengungkapkan, Gubernur Maluku, baru saja menerima delegasi antar negara Turki dan China di kediamanya, Minggu (25/7/2021).

“Pertemuan terebut lewat via teleconference secara langsung dengan pemerintah Turki. Hasilnya, Gubernur Bartin, Negara Turki, dan sejumlah Menteri Turki, menyatakan kesiapannya berkunjung di Maluku, pada Agustus 2021 mendatang.” Jelas Huwae, Minggu (25 Juli 2021).

Selain itu, Kata Huwae, Negara Turki, Pemprov Maluku akan bekerjasama secara bilateral dengan negara China, di berbagai sektor, salah satunya perdagangan.

“Tekad Gubernur Maluku untuk membangun Maluku hari ini melalui kerja sama antar negara baik China maupun Turki tentu harus didukung oleh semua pihak terkhususnya Masyarakat Maluku,” ungkapnya.

Dia mengaku, kerjasama antar Turki dan Indonesia, khusus dengan Maluku, ada penerapan teknologi. Dia mencontohkan, pekerjaan kebun, dan pertanian lain, negara Turki bantu teknologi terapan pertanian, perkebunan, dan kehutanan juga sektor-sektor lain.” Terobosan Turki dan Maluku, ini satu langkah terbaik,”jelasnya.

Selanjutnya ungkap Huwae, Untuk infrastruktur, negara Turki bantu penyediaan sarana air bersih dan perbaikan rumah-rumah warga.

”Ada pembangunan Water Sanitasi air bersih dari Pemerintah Turki. Pemerintah Turki juga bantu bangun rumah warga yang rusak terkena dampak bencana gempa bumi beberapa waktu lalu. Nah, bantuan donasi dari pemerintah Turki terkait pekerjaan umum seperti bangun beberapa rumah di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah,”paparnya.

Harap Gubernur, menurut Huwae, kedepan untuk sektor perdagangan, langsung di eskpor antar negara dibidang perikanan dan rempah- rempah langsung ke China ,kedepan akan ada kerjasama bilateral eksport import antara China dan Maluku. (D2)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60