Puluhan Penyandang Disabilitas Telah Divaksinasi

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG. com – Sekitar 44 orang penyandang disabilitas telah mengikuti vaksinasi yang dibuat pemerintah dalam hal dinas kesehatan kota ambon yang tersebar di lima kecamatan

Hal ini disampaikan Kepala dinas kesehatan kota Ambon Wendy Pelupessy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis ( 17/06/21)

Pelupessy menjelaskan, telah tercatat hingga saat ini, jumlah warga penyandang disabilitas yang telah tervaksin sebanyak 44 orang.

Jumlah tersebut tambahnya, masih bisa bertambah. Sebab koordinasi masih dilakukan Dinkes dengan dinas sosial (Dinsos) agar semua penyandang disabilitas di Kota Ambon bisa tervaksinasi, tanpa kecuali.
“Soal data penyandang disabilitas berapa banyak, kami sedang berkoordinasi dengan Dinsos agar semuanya bisa divaksin. Sebab mereka terwadahi pada Dinsos,” paparnya.

Dikatakan, untuk memvaksin penyandang disabilitas maka dibutuhkan izin serta kemauan keluarga, sebab untuk melakukan vaksinasi bagi mereka, terlebih dahulu harus mendapat persetujuan keluarga.

“Untuk data kan yang dikeluarkan oleh Dinsos. Sampai tadi kami belum dapat data pastinya. Karena untuk vaksin tidak bisa sepihak, harus ada persetujuan keluarga baru bisa vaksin

Oleh karna saat ini Dinkes Kota Ambon sementara jalankan vaksinasi tahap ketiga yang masih memprioritaskan warga lanjut usia (Lansia), orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas dan kemudian warga rentan, pecandu narkoba dan sebagainya.

“Selain vaksinasi tahap ketiga, kita juga suntik dosis kedua tahap dua bagi sasaran vaksin bulan lalu sampai awal Juni kemarin. Itu terpusat di Tribun Lapangan Merdeka agar terkontrol. Kalau yang mau ke Puskesmas untuk vaksin dosis kedua juga terserah,” katanya.

Saat ini, jumlah orang yang sudah melakukan vaksinasi di Kota Ambon sebanyak 52.393 orang, termasuk didalamnya warga lansia. (FAL)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60