Wagub Lantik Pejabat Eselon III dan IV Lingkup Pemprov Maluku

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com– Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno melantik dan mengambil sumpah jabatan pejabat administrator, pengawas dan fungsional lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Senin, (31/5/2021) bertempat di ruang rapat lantai VII Kantor Gubernur Maluku.

Pejabat yang dilantik berjumlah 36 orang dengan rincian, pejabat eselon III sebanyak tujuh orang, eselon IV sebanyak 13 orang, dan tenaga fungsional 13 orang.

Pelantikan dilakukan sesuai Keputusan Gubernur Maluku Nomor 821.2/06 Tahun 2021 tanggal 1 Februari 2021, Nomor 821.2/83 Tahun 2021 tanggal 1 April 2021 dan Nomor 247-248 Tahun 2021 tanggal 28 Mei 2021.

Dalam sambutannya Wagub mengatakan, pelantikan tidak hanya diletakkan dalam konteks bagian dari penataan birokrasi, tetapi juga sebagai upaya mendorong kinerja pemerintah daerah.

Atas dasar itu, struktur birokrasi Pemprov Maluku harus didudukan secara ideal, diisi orang-orang yang tepat, memiliki integritas, kapasitas kuat dan profesional sehingga menjadi mesin penggerak roda pemerintahan yang efektif.

“Sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, saya ingin menegaskan, sekaligus menginstruksikan beberapa hal strategiskepada saudara-saudara,” katanya.

Instruksi strategis antara lain, pertama, memasuki triwulan dua tahun anggaran 2021, Wagub meminta para pejabat yang baru dilantik dapat segera beradaptasi dengan lingkungan kerja dan jabatan baru, serta melakukan langkah percepatan pelaksanaan program dan kegiatan yang telah ditetapkan, dalam APBD agar dampaknya bisa dirasakan masyarakat.

Kedua, untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19, Wagub lalu menegaskan agar para pejabat dapat memberikan dukungan penuh terutama terhadap kebijakan dan program vaksinasi. Wagub juga mewajibkan kepada seluruh jajaran birokrasi untuk mengikuti program vaksinas agar dapat menjadi contoh bagi masyarakat.

Ketiga, memasuki revolusi industri jilid ke-4 dengan tantangan kompetisi dan perubahan dunia yang sangat cepat, maka untuk menjawab tantangan tersebut, kuncinya adalah kecepatan kreativitas. Untuk itu, diperlukan keberanian mengambil jalan perubahan, melakukan reformasi dan meninggalkan pola pikir lama.

Keempat, menjaga integritas sebagai pejabat publik, dan pegang teguh sumpah/janji serta harga diri dari segala bentuk praktek korupsi kolusi dan nepotisme.

Di akhir sambutannya, Wagub mengingatkan bahwa jabatan adalah kepercayaan sekaligus amanah. Karena itu, setiap jabatan harus dapat dipertanggung jawabkan bukan saja kepada pemerintah, negara dan masyarakat, tetapi yang lebih penting adalah mempertanggungjawabkan kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa.

“Akhirnya saya mengucapkan selamat bertugas dan selamat berkarya bagi para pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional yang baru dilantik. Semoga Tuhan selalu meridhoi kita dalam tugas dan pengabdian bagi bangsa, negara dan provinsi Maluku,” tutup Wagub.

Untuk diketahui, di pelantikan tersebut, hadir Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang, Kepala BKD Jasmono, Asisten III Bidang Administrasi Umum Habiba Saimima, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Roy Siauta dan Kepala Dinas Perpustakaana dan Kearsipan Danny Indey. (D2).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60