Ayu Hasanussy Tinjau Longsor Di Lorong Gadihu – Kebun cengkeh

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Intensitas curah hujan yang tinggi di Kota Ambon mengakibatkan terjadi bencana alam pada beberapa titik. Salah satunya Longsor yang terjadi di Lorong Gadihu RT 002 RW 013, Dusun Kebun Cengkeh, Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

“Masyarakat itu harus hati hati dengan situasi dan kondisi seperti ini. Untungnya saat kejadian tidak ada masyarakat di sekitar situ, kalau tidak pasti ada korban yang tertimpa longsor,” kata anggota DPRD Maluku, Ayu Hasanussy kepada wartawan di Ambon, Sabtu (22/05/2021).

Hasanussy mengaku, dirinya telah menghubungi Kepala BPBD Maluku, Henry Far-Far agar bisa membantu misalnya menyediakan terpal atau apa saja untuk penanganan sementara.

”Kondisi longsor sudah terjadi dua hari lalu, kami juga sudah menghubungi Dinas PUPR Maluku. dan reaksinya cukup cepat, staf dari dinas tersebut telah turun meninjau lokasi longsor,” katanya.

Di lokasi tersebut kata Hasanussy, ada talud namun karena dibangun oleh masyarakat akibatnya struktur talud tidak sesuai.

“Kalau lokasi seperti itu, pembangunan taludnya harus lain, tidak bisa dibangun masyarakat. Akibatnya, saat ada hujan deras maka talud tersebut langsung jebol dan dinding talud langsung rubuh,” jelasnya.

Hasanussy menjelaskan, lokasi longsoran harus secepatnya ditangani sebab jika tidak maka dipastikan rumah yang saat ini tertimpah material longsoran akan rubuh dan menimpah rumah di bagian bawah. “Saat ini hanya tersisa sekitar 30 cm saja,” katanya.

Dikatakan rumah yang saat ini tertimpah material longsor milik keluarga Said Arey, dan berharap ada bantuan darurat dari pemerintah kepada keluarga tersebut.

“Saya datang ke lokasi tersebut bersama anggota DPRD Maluku yakni, Fauzan Alkatiry. Kami berharap ada bantuan darurat dari pemerintah supaya bisa meminimalisir longsor yang semakin berat. Bantuan bisa berupa bronjong atau terpal. Jika situasi dan kondisi hujan sudah selesai, Secepatnya dibuat talud permanen,” katanya berharap. (Eln)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60