Tingkatkan Pelayanan, RSUD Umarella Terapkan Program SMS

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – RSUD dr. Ishak Umarella semakin mengembangkan pelayanan. Ada berbagai program inovasi yang dikembangkan saat ini, salah satunya program pelayanan kesehatan di daerah terpencil perbatasan dan kepulauan (Sailing Medical Service/SMS)
Program ini dilakukan bukan hanya dilingkup Kabupaten Maluku Tengah sesuai dengan lokasi RSUD dr. Ishak Umarella namun ke seluruh daerah terpencil di Maluku. “Bahkan kami pernah lakukan pelayanan kesehatan hingga Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD),” kata Direktur RSUD dr. Ishak Umarella, dr Dwi Murti Nuryanti, kepada wartawan saat konfrensi pers di RSUD dr. Ishak Umarella di Desa Tulehu Kecamatan Salahutu Kabuopaten Maluku Tengah, Selasa (20/04/2021).
Dikatakan, dalam menjalankan program SMS pihaknya selalu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, RS AL serta RS di daerah tujuan pelayanan. “Kita saling berkoordinasi,” katanya.
Bahkan dalam menjalankan program pelayanan berbasis SMS tersebut, pihaknya pernah bekerjasama dengan Kapal Ksatria Airlangga dari Surabaya. “Saat pelayanan bersama, ada juga dokter special bedah dari RSUD dr. Ishak Umarella melayani seluruh Maluku. Khusus untuk Kapal Ksatria Airlangga ini lingkup pelayanan lebih besar yakni di seluruh Indonesia, ” terangnya.
Guna mewujudkan keseriusan manajemen RSUD dr. Ishak Umarella mensukseskan pelayanan berbasis SMS, belum lama ini tim rumah sakit tersebut turun ke pedalaman SBT serta beberapa daerah lainnya. “Dalam waktu dekat kami akan berangkat ke beberapa daerah perbatasan dan terpencil, untuk lakukan pengobatan bahkan operasi. Perjalanan biasanya menghabiskan waktu 3 hingga 6 hari,” katanya lagi.
Selain program SMS, di RSUD dr. Umarella juga menyediakan pelayanan medis spesialistik yakni, kebidanan dan kandungan, kesehatan anak, bedah, penyakit dalam, penyakit jantung dan pembuluh darah, saraf, kesehatan mata, THT, kesehatan paru, kesehatan jiwa, kulit dan kelamin, patologi klinik dan anatomi.
Selain itu ada juga pelayanan penunjang medis yakni ICU, NICU, PICU, kamar operasi, kamar bersalin, kamar perawatan VIP, laboratorium, instalasi farmasi, fisioterapi, radioplogi, Rekam Medis, CSSD, IPSRS, Kesehatan lingkungan, instalasi gizi, laundry dan kamar jenazah.
Di RSUD dr.Ishak Umarella ada sejumlah dokter dan tenaga medis yakni dokter spesialis organic berjumlah tujuh orang, dokter spesialis part time Sembilan orang, dokter umum Sembilan orangm, dokter gigi satu orang.
Sedangkan tenaga perawat 84 orang, bidan 30 orang, paramedic non perawat 44 orang dan tenaga non medis 53 orang. Saat ini RSUD dr. Ishak Umarella tipe C dan terus berupaya agar bisa menjadi tipe B. (Eln)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60