Pengganti Osama Namakule Siap Dilantik

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Vivian Novianty Uneputty siap dilantik menggantikan almarhum Osama Namakule anggota DPRD Maluku yang meninggal belum lama ini. Uneputty merupalan Pemilik suara kedua terbanyak dapil Maluku Tengah dari Partai Perindo

Demikian dikemukakan Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (22/01/2021).
Menurutnya, sesuai aturan perundangan harus ada Pengganti Antar Waktu (PAW) bagi anggota DPRD yang berhalangan tetap.
“Kebetulan Osama Namakule berasal dari Partai Perindo dan DPRD Maluku telah berkoordinasi dengan pihak partai terkait masalah ini. Beberapa waktu lalu, Partai Perindo telah mengajukan nama PAW tentunya disesuaikan dengan aturan yang berlaku dan keputusan KPU,” kata Wattimury.

Oleh sebab itu, setelah surat masuk ke DPRD Maluku, kata Wattimury, dirinya dewan, mendisposisikan Sekwan untuk menyiapkan surat ke KPU Maluku.
“Karena yang lakukan verifikasi atas administrasi penggantin alm. Osama Namakule dari KPU,” jelasnya.

Dan KPU Maluku telah menetapkan jika pengganti Osama adalah Vivian Novianty Uneputty.
“Dan hasil verifikasi KPU, seluruh administrasi yang bersangkutan telah memenuhi persyaratan, dan siap diusulkan ke Mendagri melalui Gubernur Maluku,” kata Wattimury lagi.

Wattimury menegaskan, surat usulan PAW Uneputty telah ditandatangani, dan jika prosesnya cepat maka akhir bulan PAW sudah bisa dilaksanakan.

Pelantikan ini lanjutnya, harus dilakukan dengan cepat karena agenda dewan cukup banyak, disamping itu Partai Perindo masuk dalam partai gabungan jika ada yang kurang bisa menimbulkan kedulitan. “Oleh karena itu kami butuh fraksi yang utuh, agar bisa berproses dengan baik sehingga jika dibentuk Pansus atau kegiatan lain maka akan terwakili dalam alat kelengkapan DPRD Maluku,” ujarnya.

Senin, (25/01/2021), surat ke Mendagri dipastikan telah dikirim melalui Gubernur Maluku maka proses pelantikan bisa segera dilakukan. (Eln)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60