Pelaksanaan UNBK dan UNKP di Maluku Terpantau Lancar

AMBON, MG.com – Plh. Gubernur Maluku Hamin bin Thaher memantau Ujian Nasonal Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil di 11 kabupaten dan kota di Maluku melalui Telcomfrence yang digelar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, Senin, (1/04/2019).
Telcomfrence ini dihadiri Haris Setyawan, General Manager (GM) Telkom Wilayah Maluku dan Plh. Manager Sub Bagian Pengendalian Operasi Distribusi PLN Wilayah Maluku.
Melalui telcomfrence terungkap ada tiga kabupaten yang mengalami gangguan sinyal akibat buruknya cuaca.
Tiga kabupaten tersebut yakni Kabupaten Buru, Kecamatan Waisala Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Menyikapi kondisi tersebut, Hamin mengatakan, dengan adanya ganguan jaringan internet, maka hal ini menjadi bahan evaluasi bagi Pemerintah Provinsi Maluku.

“Saat ini ada, GM. Telkom Wilayah Maluku dan Plh. Manager Sub Bagian Pengendalian Operasi Distribusi PLN Wilayah Maluku. Kedua bapak ini bisa melihat dan mendengar langsung kendala yang terjadi di kabupaten dan kota dalam pelaksana UN di Maluku. Saya kira mereka sudah dengar kekurangan yang dialami sekolah baik tentang jaringan internet maupun jaringan listrik di kabuapaten dan kota di Maluku,” jelas Hamin.
Menyikapi gangguan sinyal di MBD, Haris Setyawan menjelaskan bahwa saat ini, Kabupaten MTB masih mengandalkan jaringan dari satelit dengan kapasitas yang terbatas.
“Untuk ganguan seperti di Buru dan Waisala selain sekolah jauh, juga terkendala cuaca,” terang Setyawan.

Sedangkan, untuk menjaga ketersediaan pasokan listrik di sekolah, maka tiap sekolah ada dua petugas yang standby.
“Jika ada gangguan maka pihak sekolah harus segera melaporkan ke petugas, agar segera diatasi,” terang Plh. Manager Sub Bagian Pengendalian Operasi Distribusi PLN Wilayah Maluku. (On)

Tinggalkan Balasan