Kapolda Maluku Lakukan Penghijauan di Puncak GB

  • Whatsapp
banner 468x60

NAMLEA, MG.com – Kapolda Maluku, Irjen (Pol) Royke Lumowa didampingi Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, Dansat Brimob Kombes Guntur, Kabid Humas, Kombes M Roem, Dandim 1506/Namlea, Letkol Inf Syarifudin Aziz, serta pimpinan OPD dan Kapolres Pulau Buru, AKBP Ricky Purnama Kertapati, lakukan penanaman anakan pohon di puncak Gunung Botak (GB), Selasa (19/03/2019).
Usai melakukan penanaman anakan pohon dan buah-buahan, kepada Lumowa menjelaskan, jika penanaman Puncak Gunung Botak bertujuan untuk menghijaukan kawasan tersebut.
“Kami datang untuk menanam pohon. Kenapa ? karena penanaman pohon ini sebagai simbol kelestarian lingkungan,” kata Lumowa pasti.
Lumowa berharap, dengan menanam kembali pohon kayu dan buah-buahan, akan tumbuh dan besar sehingga kawan GB kembali menghijau.

Untuk diketahui, kawasan GB awalnya ada tiga dusun kayu putih milik almarhum Raja Kayeli, Ishak Wael, istri Ishak Wael yakni almarhum Djenabun Wael dan satu lagi milik adiknya almarhum Abbas Wael yang juga pernah menjadi Raja Kayeli.
Kawasan ini tadinya merupakan hamparan pohon kayu putih dan juga pohon kayu olahan seperti meranti merah dan Mahoni.
Namun sejak ditemukannya tambang emas pada awal November tahun 2011, GB dieksploitasi para penambangan emas tanpa izin (peti).
Akibatnya, bukan saja menimbulkan pencemaran limba olahan emas, karena merkuri dan asam cianida, namun kawasan itu juga berubah menjadi tandus.
Tidak lagi terlihat pohon pohon di sana, termasuk pohon kayu putih. Yang terhampar hanya bebas-bekas kerusakan lingkungan yang kini mulai ditumbuhi rumput belukar. (an)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60