Serius Bangun Maluku, MI Kembali Diundang ke Jakarta

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Gubernur Maluku, Murad Ismail kembali diundang ke Jakarta oleh Menteri Perhubungan untuk bertemu dengan Menteri Bappenas. Demikian dikatakan Murad Ismail kepada wartawan usai menghadiri peresmian Sekretariat DPD Perjuangan di karang panjang Ambon, Minggu (30/05/2021).

“Kemarin saya dipanggil Menteri Perhubungan untuk ketemu dengan Menteri Bappenas. Itu untuk mempercepat pembangunan Ambon new port, Pelabuhan terbaru terintegrasi terbesar di Indonesia bagian Timur yang ada di daerah Waai dan Liang,”ujarnya.

 

Selain itu, kata mantan Kakor Brimob Polri ini, juga dilakukan koordinasi soal pembangunan firsh market, pelabuhan ikan terbesar yang nantinya akan menelan anggaran Rp. 1,5 triliun.

“Ini menunjukan betapa besarnya perhatian Presiden untuk Maluku. Kalian harus bangga akan dibangun Ambon New Port. Bahkan Ambon New Port dan Fish Market terbesar di Indonesia, itu awal  November telah dibangun dan selesai diperkirakan 2023 akhir,” tegasnya.

 

Dan saat rapat kabinet lanjutnya, Presiden menyampaikan juga akan dibangun airport di atas pelabuhan. Dan ini pelabuhan terbesar sehingga lahan yang harus dibebaskan 700 hektar sedangkan untuk Fish Market membutuhkan lahan 200 hektar.

“Dan kita tidak ikut terlibat pembangunan disitu, semuanya dibangun Kementrian Perhubungan, kita hanya terima bersih saja. Dari 11 WPP wilayah pengelolaan perikanan di Indonesia di Maluku dibangun tiga, di laut Banda 175 di luar Seram, 718 di Aru, dan menurut Menteri Perdagangan dan Menteri KKP, kalau ini terkelola dengan baik, itu satu hari menghasilkan devisa untuk negara Rp 298 miliar atau 1 tahun Rp 244 triliun,” katanya.

 

MI mengaku, dirinya telah berbicara dengan Presiden RI, Joko Widodo bahwa jika tidak segera dibangun Ambon New Port dan Fish Market maka Indonesia akan alami kerugian.

MI juga menjelaskan ada lima spot ikan terbesar di dunia dan Maluku dan Maluku Utara ada pada posisi 4 dan 5.

Untuk itu, MI berharap, pemberitaan tentang potensi perikanan dan rencana pemvbangunan Ambon New Port serta Fish Market bisa dipublikasikan.

“Tolong dibantulah supaya kita melaksanakan dengan baik. Saya dengan sepenuh hati dan tenaga akan terus suport ini dan tetap mendorong pembangunan sector ini. Saya berjanji kepada bapak Presiden dan para Menteri terkait semua termasuk Menteri Keuangan, bahwa didalam pembangunan Fish Market dan Ambon New Port, Maluku juga dilibatkan. Kalau tidak bantu, Maluku akan tertinggal selamanya,” jelasnya. (HS-16)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60